4 Geopark di Indonesia dengan Pemandangan yang Luar Biasa

Di mata masyarakat dunia, Indonesia memang sudah dikenal sebagai negara yang memiliki alam yang sangat kaya, tanah subur yang menjadikan Indonesia memiliki banyak sekali varietas flora yang tidak terhitung jumlahnya. Diantara varietas flora ini bahkan banyak yang menjadi incaran dunia karena manfaatnya. Selain itu keadaan alam Indonesia juga sangat bervariasi, mulai dari pantai, gunung, danau, sungai, semuanya lengkap ada di Indonesia. Karena alam yang begitu indah inilah kita sebenarnya tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri karena pastinya ada banyak sekali keindahan di Indonesia yang bisa Anda nikmati untuk melepas penat. Tak heran juga jika ada banyak masyarakat dunia yang datang ke Indonesia dan kemudian jatuh cinta dengan keindahannya.

Jika Anda ingin lebih melihat dan mengenal keindahan alam yang ada di Indonesia maka ada baiknya Anda mendatangi Geopark di Indonesia. Apa itu geopark? Ini adalah sebuah kawasan taman alam yang berisi berbagai unsur dari geologi yang ada di alam yang kemudian dilestarikan dan dirawat bersama-sama oleh masyarakat sekitar. Sebenarnya Indonesia memiliki beberapa kawasan Geopark di Indonesia namun pada saat ini hanya dua dalam daftar Geopark di Indonesia itu yang diakui oleh dunia.

Masih butuh beberapa usaha lagi dari masyarakat sekitar dan pemerintah juga untuk bersama-sama membuat semua Geopark di Indonesia bisa memenuhi syarat sebagai geopark yang diakui dunia. Berikut ini daftar Geopark di Indonesia :

 

Geopark Batur

 

geopark di indonesia
Photo Credit : baturglobalgeopark.com

Satu dari daftar Geopark di Indonesia yang diakui oleh dunia adalah geopark batur yang ada di daerah Kintamani, Bali. Batur yang dijadikan nama dari geopark ini adalah nama gunung berapi aktif yang ada di kawasan itu. Di dalam kawasan gunung batur terdapat kaldera alami yang sudah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu. Di sana juga terdapat danau batur yang memiliki bentuk unik seperti bulan sabit. Keadaan di sana sangatlah indah dan sejuk. Salah satu Geopark di Indonesia ini diresmikan dan diakui oleh dunia melalui UNESCO di tahun 2012.

Kawasan batur juga dilengkapi dengan keadaan masyarakatnya yang sangat menghormati alam yang ada di sana dipadu dengan budaya yang hingga kini masih dijunjung tinggi. Jika Anda datang ke sana, maka Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam yang ada di sana saja, namun Anda juga bisa berkesempatan untuk melihat bangunan pura yang ada di sana serta datang ke desa Trunyan yang merupakan desa dengan adat yang masih amat terjaga.


Baca Juga : 5 Bahaya Saat Traveling dan Cara Penanganannya


Geopark Gunung Sewu

 

geopark di indonesia
Photo Credit : asatryo.blogspot.co.id

3 tahun setelah geopark batur diakui oleh UNESCO, giliran Geopark Gunung Sewu yang berada di sekitar Yogyakarta yang kemudian diakui, lebih tepatnya hal itu terjadi pada tahun 2015. Di Geopark Gunung Sewu terdapat banyak sekali kawasan geologi yang bisa ditemukan. Mulai dari pantai, gunung, air terjun, gua, danau dan sungai. Geopark Gunung Sewu ini memiliki banyak perbukitan yang hijau. Selain itu ada satu gua yang terdapat di daerah Pacitan yang masih merupakan kawasan geopark Gunung Sewu yaitu Gua Luweng Jaran yang panjangnya sekitar 25 km. Anda bisa berwisata ke sana dan melihat keadaan gua yang terbentuk dengan cara alami tersebut untuk lebih mengenal mengenai Geopark Gunung Sewu. Salah satu Geopark di Indonesia ini memang tersebar mulai dari Yogyakarta, menuju Wonogiri dan sampai ke daerah Pacitan.

 

Geopark Kaldera Toba

geopark di indonesia
Photo Credit : starberita.com

Dalam daftar Geopark di Indonesia terdapat juga nama geopark kaldera toba yang merupakan geopark yang ada di Sumatra Utara. Anda tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama danau Toba. Danau Toba ini memang terkenal sampai seantero dunia karena danau ini merupakan danau vulkanik terbesar yang diakibatkan oleh letusan gunung yang terjadi berpuluh ribu tahun silam hingga kemudian dari letusan itu terbentuklah sebuah danau yang kita kenal sebagai danau toba. Danau toba memiliki banyak keindahan dan kegiatan yang bisa Anda nikmati. Untuk masuk ke kawasan ini pun tidak dibarengi dengan tarif yang mahal, namun untuk melakukan berbagai kegiatan yang ada di dalamnya tentu Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih. Misalnya saja Anda bisa menaiki kano di sekitar danau yang tenang ini.

 

Geopark Merangin

geopark di indonesia
Photo Credit : bisniswisata.co.id

Geopark di Indonesia lainnya yang sebenarnya sangat berpotensial untuk dijadikan sebagai tempat melakukan riset tentang evolusi yang terjadi di bumi ribuan tahun silam adalah Geopark Merangin yang ada di Jambi. Mengapa geopark Merangin ini sangat berpotensial dijadikan sebagai tempat riset? Hal itu karena di sepanjang sungai yang ada Geopark Merangin terdapat banyak sekali fosil tanaman yang tercetak di bebatuan, tanaman itu adalah tanaman yang tentunya berasal dari ribuan tahun silam yang tak sengaja tercetak di bebatuan itu karena adanya letusan vulkanik di sana. Sungai di geopark merangin sangat populer sebagai lokasi arung jeram.

 

Temukan Berbagai Pilihan Liburanmu Di Sini: hotel murah di medan, paket wisata indonesia, dan tiket pesawat Murah

 

Sudah tau kan geopark mana saja yang bisa kalian rencanakan untuk berlibur. Selain Ezytravelers bisa berwisata di sana, kalian juga bisa lho mengajak anak-anak dan keluarga untuk berwisata sambil belajar mengenai kawasan Geopark ini. Jangan lupa setelah berwisata di sana harus menjaga kebersihan yang ada di Geopark ya. Karena alam kita ini akan kita wariskan untuk anak cucu kita nanti. Selamat merencanakan perjalananmu Ezytravelers!

2 thoughts on “4 Geopark di Indonesia dengan Pemandangan yang Luar Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *