5 Destinasi Wisata Jember yang Wajib Dikunjungi

Sebagai destinasi wisata, popularitas Jember mungkin masih kalah apabila dibandingkan dengan kota-kota lain di Jawa Timur seperti Malang dan Surabaya. Meski begitu, bukan berarti Jember tidak memiliki destinasi yang seru untuk dikunjungi. Bagi yang senang dengan wisata alam, Jember justru menjadi rumah dari beberapa pantai terbaik karena lokasinya yang berbatasan langsung dengan bagian selatan samudera Indonesia. Tentu ada jenis destinasi wisata Jember lain yang tidak kalah seru dari pantai.

1. Pantai Watu Ulo

wisata jember
(Photo Credit: triptrus[dot]com)

Dalam Bahasa Jawa, kata “watu” memiliki arti batu dan “ulo” berarti ular. Pantai satu ini ini diberi nama Watu Ulo karena adanya susunan bebatuan yang bentuknya memanjang menyerupai ular. Bebatuan tersebut tersusun mulai dari pesisir pantai hingga ke tengah laut. Nah, kalian sudah tidak asing dengan Pantai Papuma, kan? Lokasi Pantai Watu Ulo ini tidak terlalu jauh dari Pantai Papuma sehingga kedua pantai tersebut memiliki suasana dan landscape yang mirip. Menariknya, setiap setahun sekali, tepatnya pada tanggal 1-10 Syawal, masyarakat setempat mengadakan tradisi larung sesaji, yakni melepas sesajen ke laut sebagai ungkapan rasa syukur terhadap ciptaan Tuhan.

2. Air Terjun Tancak

wisata jember
(Photo Credit: citrafmradio[dot]com)

Pantai bukan menjadi satu-satunya destinasi wisata alam yang seru di Jember. Ada pula Air Terjun Tancak yang menjadi air terjun paling tinggi di Jember. Ketinggiannya mencapai lebih dari 82 meter, dengan debit air berukuran 150 m2 per detik. Agar bisa mencapai Air Terjun Tancak, kalian harus terlebih dahulu menempuh perjalanan selama kurang lebih tiga puluh menit dari pusat kota Jember menuju Desa Suci. Sesampainya di sana, kalian masih harus lanjut berjalan kaki sejauh tiga kilometer. Di perjalanan inilah kalian akan melewati perkebunan kopi Gunung Pasang. Beberapa orang juga menyebut Air Terjun Tancak sebagai Air Terjun dari Langit karena bagian puncaknya yang kerap tertutup kabut atau awan.

3. Puncak Rembangan

wisata jember
(Photo Credit: belajarsearchengine[dot]com)

Bukan hanya Bogor yang memiliki kawasan puncak dengan pemandangan menakjubkan, Jember pun memiliki spot serupa di Puncak Rembangan. Berlokasi sekitar dua belas kilometer di wilayah utara Kota Jember, kalian bisa menikmati pemandangan kota Jember pada malam hari pada ketinggian 650 meter di atas permukaan laut. Kawasan sekitar Puncak Rembangan merupakan sebuah perkebunan kopi, buah naga dan berbagai tanaman lain, jadi jangan lupa mengenakan sweater atau jaket tebal ketika mengunjungi tempat ini. Puncak Rembangan juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti penginapan, restoran, kolam renang, taman bermain, area khusus berkemah, dan sebagainya.

4. Loko Lori

wisata jember
(Photo Credit: lokoloristeamjava[dot]blogspot[dot]com)

Destinasi wisata satu ini benar-benar anti mainstream. Belum banyak orang, bahkan masyarakat Jember sendiri, yang mengetahui adanya Loko Lori karena kebanyakan kegiatan Pabrik Gula jarang terekspos. Biasanya, orang-orang yang kerap mengunjungi merupakan para penikmat wisata sejarah atau turis asing. Padahal, Pabrik Gula ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang belum banyak diketahui masyarakat. Di salah satu museumnya, kalian bisa menyaksikan beberapa lokomotif kuno yang hebatnya masih bisa berfungsi hingga sekarang.

5. Kafe Kolong

wisata jember
(Photo Credit: wisatabloid[dot]com)

Selama ini, predikat tempat nongkrong hits sering kali dipegang oleh kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bali, atau Surabaya. Ternyata Jember juga tidak mau kalah, lho. Di Jalan Mastrip, tepatnya di bagian kolong jembatan, kalian bisa menemukan tempat nongkrong bernama Kafe Kolong. Meski berada di kolong jembatan, bukan berarti Kafe Kolong memiliki atmosfer kumuh. Tenang saja, dekorasi di sana sudah dikelola sedemikian mungkin hingga suasananya akan membuat kalian betah untuk minum kopi di sana. Jika sudah lelah berkeliling ke berbagai destinasi wisata Jember, kalian bisa beristirahat di Kafe Kolong ini, yang buka sejak pukul 18.00-01.00.

Jangan hanya snorkeling di Pantai Papuma jika kalian traveling ke Jember. Berbagai destinasi wisata di atas juga memiliki keseruan masing-masing yang meminta untuk dieksplor. Segera ambil backpack dari tempat penyimpanan dan ajak teman-teman kalian untuk menjelajah wisata Jember! Temukan juga berbagai paket tour dan paket wisata untuk menikmati keindahan Indonesia di Ezytravel.co.id.

(Header photo credit: panoramio[dot]com)

4 thoughts on “5 Destinasi Wisata Jember yang Wajib Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *