Ke Jepang Bebas Visa Dengan Visa Waiver, Gampang Kok Urusnya!

Bagi Ezytravelers yang ingin berkunjung ke Jepang, wajib tau nih informasi mengenai visa waiver jepang yang bisa bikin perjalanan kalian makin mudah dan murah. Apa itu visa waiver? Visa waiver adalah kebijakan pemerintah Jepang yang memberikan ijin bagi warga negara Indonesia untuk masuk ke Jepang tanpa visa alias kalian bisa berkunjung ke Jepang tanpa harus mengurus visa.

Sebelumnya perlu diperhatikan ya, Ezytravelers, kalau visa itu adalah rekomendasi yang diberikan kepada warga negara asing untuk bisa masuk ke negara yang akan dituju. Jadi punya visa bukan berarti kalian pasti diijinkan untuk masuk ke Jepang di mana keputusan itu ada pada pihak imigrasi Jepang saat Ezytravelers tiba di bandara Jepang.

Balik lagi ke soal visa waiver Jepang, jadi bagaimana caranya agar kalian bisa berangkat ke Jepang tanpa menggunakan visa? Ini dia ulasannya.

 

 

Visa Waiver Jepang

Photo Credit : backpackerumrah.com

 

Cara bikin visa waiver untuk ke Jepang

Satu hal yang harus sudah kalian punya sebelum mengurus visa waiver Jepang adalah e-passport atau biometric passport. Bedanya dengan passport biasa adalah terdapat chip di bagian depan passport yang berisi mengenai data-data Ezytravelers sehingga ketika di bandara kalian bisa masuk lewat automatic gate dengan scanning langsung chip yang ada pada passport Ezytravelers.

Kalau belum punya, buruan update passport biasa kalian di kantor imigrasi, biaya yang dikenakan untuk pembuatan e-passport ini adalah 600ribuan dengan proses yang nggak beda dengan pembuatan passport biasa tapi hasil jadi passportnya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Selesai mengurus e-passport, kalian bisa mengunjungi situs ezytravel.co.id untuk membuat visa waiver. Kalian tidak perlu repot-repot datang ke kedutaan Jepang untuk mengurus Visa Waiver ini lho. Biayanya juga murah, kalian tinggal memberikan dokumennya saja dan Visa Waiver akan bisa kalian pakai jika berkunjung ke Jepang.

 

Yang harus diperhatikan mengenai visa waiver Jepang

  1. Visa waiver Jepanghanya berlaku untuk kunjungan dengan jangka waktu maksimal selama 15 hari. Jadi, buat Ezytravelers yang ingin berkunjung ke Jepang lebih dari waktu tersebut masih harus tetap mengajukan visa secara normal ke pihak Kedutaan Jepang.
  1. Tujuan kunjungan ke Jepang yang biasa menggunakan visa waiver misalnya untuk wisata, bisnis, kunjungan keluarga, ataupun kunjungan singkat lainnya.
  1. Visa waiver berlaku selama 3 tahun atau selama masa berlaku e-passport kalian yang kurang dari tiga tahun.
  1. Jangan tertipu dengan artikel yang menyatakan kalian bisa bebas ke Jepang tanpa visa bagi yang sudah punya e-passport,Ezytravelers harus tetap mendaftarkan e-passport di kedutaan untuk mendapatkan stiker visa waiver Jepang.
  1. E-passport yang nggak didaftarkan danEzytravelers yang sudah terlanjur berangkat ke Jepang tanpa mempunyai visa nggak boleh masuk ke Jepang dan akan dicegat di bandara Jepang. Selain itu, meski Ezytravelers sudah punya visa waiver, apabila petugas imigrasi memutuskan nggak memberi ijin untuk masuk maka nggak ada yang bisa Ezytravelers
  1. Jika E-Paspor ditolak waktu Registrasi, maka harus mengajukan Visa ke Kedutaan Jepang dengan jalur dan syarat biasa.
  1. Jika E-Paspor sudah pernah didaftarkan Registrasi, dan ada perubahan nama atau penggantian E-Paspor baru, maka harus melakukan pendaftaran Registrasi kembali.
  1. Jika pernah di tolak / dideportasi, harus mengajukan Visa dengan jalur dan syarat seperti biasa ke Kedutaan Jepang.

 

Visa Waiver Jepang

Langkah Mudah Bikin Visa di Ezytravel.co.id

 

Nah, kalo permintaan kalian ditolak kedutaan Jepang, kalian tidak usah khawatir, karena kalian bisa datang ke Kantor Kedutaan Jepang yang beralamat di Jl. MH Thamrin No. 24, Jakarta Pusat untuk mengurus Visa Waiver kalian sendiri.

 

Yang harus kalian bawa adalah e-passport yang asli dan masih berlaku, dan form pendaftaran visa waiver Jepang yang bisa Ezytravelers unduh di sini lalu diisi lengkap. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Waktu pendaftaran visa termasuk visa waiver di Kedutaan Jepang dibuka pada pukul 8.30 pagi sampai 12.00 siang.
  1. Setelah Ezytravelers mendapatkan pass untuk masuk, langsung menuju ke area pendaftaran visa di mana kalian akan menemukan 5 buah loket pendaftaran.
  1. Ambil nomor antri pendaftaran di mana nantinya nomor antrian Ezytravelers akan dipanggil. Proses pendaftaran e-passport untuk mendapatkan visa waiver Jepang ini lumayan cepat kok.
  1. Cara bikin visa waiver setelah kalian sampai di loket hanya cukup dengan menyerahkan e-passport dan juga form pendaftaran visa waiver, kemudian Ezytravelers akan mendapatkan bukti penyerahan dokumen.
  1. Proses pembuatan visa waiver membutuhkan waktu kerja 2 hari, jadi setelah selesai mendaftar, kembalilah dua hari kemudian untuk mengambil visa waiver kalian.
    1. Cara bikin visa waiver ini gratis dan nggak dipungut biaya apapun, Ezytravelers juga bisa mewakilkan untuk mendaftarkan e-passport jika nggak sempat berangkat sendiri.

 

Gampang kan mengurus visa waiver untuk ke Jepang, biayanya murah lagi.

Meski nggak ada di persyaratan yang tercantum, kadang-kadang petugas akan menanyakan hal-hal lain misalnya bukti booking tiket ke Jepang (lebih bagus kalau tiket pulang pergi), Kartu Keluarga bagi yang berangkatnya rombongan keluarga, dan dokumen sah lainnya, maka nggak ada salahnya untuk menyiapkan dokumen-dokumen tersebut.

 

Mau liburan ke Jepang? Temukan pilihannya di sini: Visa Waiver Jepang dan Paket Wisata Jepang

 

Di Indonesia ada beberapa kantor konsulat jenderal atau konjen Jepang selain di Jakarta, yaitu ada di Surabaya, Makassar, Medan, dan Denpasar. Kalau mau mengurus pendaftaran e-passport di konjen selain di Jakarta, ada baiknya Ezytravelers menelepon terlebih dahulu karena belum tentu konjen-konjen tersebut membuka layanan pendaftaran visa waiver Jepang.

 

Buat Ezytravelers yang punya rencana singkat ke Jepang, ada baiknya mulai mengurus visa waiver ini agar nantinya tidak terburu-buru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *