Air Terjun Madakaripura? Ini Dia Caranya Kalian Bisa ke Sana (INFO)

Tips Traveling – Familiar dengan nama Bromo Tengger? Siapa sih yang tidak tau dengan pemandangan sunrise indah  Puncak Gunung Bromo di Jawa Timur ini. Tapi taukah ezytravelers jika ada Air Terjun indah di kawasan kaki Gunung Bromo tepatnya di Desa Negororejo, Probolinggo Jawa Timur.

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura (photo doc : backpackerindonesia.com)

Namanya adalah Air Terjun Madakaripura, ini adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 200m, sekaligus menjadikannya air terjun tertinggi kedua di Indonesia. Mandakaripura yang berarti “Tempat Terakhir” memiliki mitos yang cukup kuat berhubungan dengan Patih Gajah Mada. Konon dahulu kala sang pemersatu bangsa ini menghabiskan sisa hidupnya dengan bersemedi di tempat ini, tepatnya di dalam Goa dibalik air terjun.

patih gajah mada
Patih Gajah Mada (photo doc : wisataterbaru.com)

Melihat keindahan yang ditawarkan Air Terjun Madakaripura ini, pasti banyak dari kalian yang tergelitik untuk bermain ke tempat ini bukan? Apakah perjalanan menuju air terjun ini mudah untuk ditempuh?

Untuk kalian yang menetap di Jakarta kalian bisa menuju kota Malang sebagai start awal perjalanan.

Pastinya untuk kalian yang menaiki kendaraan pribadi seperti mobil sih mudah-mudah saja, tinggal masuk tol dan menyalakan Waze atau Google Maps hehe.. Nah untuk kali ini kita akan branggapan untuk memulai perjalanan sebagai Backpacker. Angkutan umum nan murah meriah adalah senjata kita para backpacker untuk mencapai air terjun Madakaripura.

Untuk mencapai air terjun Madakaripura kita harus ke Probolinggo, dan untuk mencapai ke Prombolinggo ada dua cara yaitu melalui Malang atau Surabaya. Pilihan paling baik adalah melalui Malang. Dari Jakarta ke Malang kalian bisa menggunakan 2 kendaraan murah yaitu Kereta Api dan Bus.

Jika menggunakan kereta api menuju Malang kalian bisa memulai perjalanan dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Malang Kota Lama harganya berkisar Rp200.000an (cek tiket kereta api). Selain menggunakan kereta api, kalian juga bisa menggunakan Bus dari Jakarta menuju malang kalau soal harga sih relative kadang tiket kereta lebih mahal kadang juga tiket kereta lebih murah. Tergantung kelasnya saja, yang jelas waktu tempuh bus lebih lama dari kereta api.

Jadwal Bus ke Malang

  • Bus Pahala Kencana (Rawamangun – Malang) Rp250.000
  • Bus Kramat Djati (Lebak Bulus – Malang) Rp285.000
  • Bus Gunung Harta (Pasar Minggu – Malang) Rp310.000
  • Bus Lorena (Rawamangun – Malang) Rp315.000

 

Mau Lebih Cepat dan Tidak melelahkan?, Cek Tiket Pesawat Jakarta – Malang

 

Sudah menentukan pilihan mau naik kendaraan apa? Yuk kita lanjutkan perjalanan ke air terjun Madakaripura. Sesampainya kalian di Malang ada beberapa opsi nih dengan tujuan ke Probolinggo. Opsi pertama kalian bisa menyewa sepeda motor ini adalah opsi yang paling gampang dan tidak ribet bisa langsung cuss ke air terjun madakaripura.

Opsi Kedua selanjutnya adalah menaiki bus patas AC ke terminal Probolinggo dengan biaya kurang lebih Rp30.000. Dari terminal Probolinggo kalian bisa menggunakan jasa ojek atau carter angkot jika membawa rombongan yang terhitung banyak.

Opsi ketiga adalah dengan ikut paket wisata yang diadakan Ezytravel. Keuntungannya apa aja sih? Sesampainya kalian di Malang, kalian akan dijemput dan perjalanan dilanjutkan ke Gunung Bromo untuk menyaksikan keindahan maha dasyat dari Bromo. Setelah itu langsung menuju air terjun Mandakalipura dan menghabiskan waktu di sana sebelum nantinya check-in ke hotel yang juga sudah kami sediakan.

Tidak berhenti sampai disitu saja, kesokan harinya juga akan ada perjalanan seru menelusuri Gunung Bromo menggunakan Jeep dari kita. Intinya kalian hanya perlu memperhitungkan untuk sampai ke Malang saja, gak perlu lagi pusing buat cari hotel, mobil, dll. Semua biaya perjalanan dan itinerary kalian sudah tercover dengan hanya sekali bayar? Tertarik ? bisa klik gambar di bawah ini.

paket wisata air terjun madakaripura
Klik Gambar

Atau mau tau apa aja sih yang bisa kalian nikmati dan dapatkan lebih lengkapnya jika membeli paket di atas, nantikan cerita lengkapnya di ezytravel blog.

Terimakasih, semoga artikel ini membantu dan menginspirasi ezytravelers buat explore Indonesia lebih jauh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *