Pecinta Alam Wajib Cobain Wisata Ke Australia Yang Satu Ini

Halo Ezytravelers? Kabar baik kah hari ini? Semoga baik-baik aja ya Ezytravelers. Sepertinya akan menarik nih jika kita membahas Benua yang letaknya di sebelah selatan Indonesia ini. Masih banyak tempat-tempat yang belum di explore sebagian orang untuk wisata ke Australia. Contohnya saja mengenai wisata alamnya yang sangat banyak. Taukah kalian? ternyata Australia mempunyai lebih dari 500 Taman Nasional yang tersebar di berbagai negara bagiannya. Patut dibahas sepertinya mengenai wisata ke Australia yang satu ini, apalagi jika kalian seorang pecinta alam yang mempunyai jiwa petualang. Yuk langsung kita bahas.

 

Fun facts!

“Australia mempunyai kontur bentang alam yang berbeda-beda di setiap wilayahnya”

Click to Tweet

 

Australia memiliki lebih dari 500 Taman Nasional yang meliputi luas 28 juta hectare, yaitu hampir 4 persen dari luas keseluruhan negaranya. Taman Nasional di Australia mempunyai bentang alam yang beragam, tidak hanya hutan belantara ataupun padang savanah saja, tetapi taman nasional di Australia mempunyai bentang alam seperti alpine dan wilayah gurun.

Taman Nasional Australia berfungsi sebagai pelindung dari ekosistem tumbuhan dan hewan asli Australia. Kalo kalian mempunyai jiwa petualang, sepertinya kalian harus cobain wisata ke Australia yang satu ini.

 

 

Nah,

Untuk membantu kalian merencanakan wisata ke Australia, kalian harus tau beberapa Taman Nasional yang paling terkenal disana.

 

Wilayah Situs Warisan Dunia

wisata ke australia

Photo credit : instagram.com/fleur_pols

Sebagian besar Taman Nasional di Australia sudah terdaftar menjadi situs warisan dunia, itu artinya Taman Nasional ini dinyatakan sudah dilindungi oleh UNESCO sebagai contoh warisan budaya dan alam dunia. Contoh taman nasional di Australia yang sudah dilindungi oleh UNESCO diantaranya Hutan Belantara Tasmania, Great Barrier Reef dan Ningaloo Coast.

Sepertinya akan menarik jika kita pergi wisata ke Australia. Berikut akan kita bahas mengenai taman nasional dari berbagai wilayah di Australia.

 

Wilayah Ibu Kota Australia

wisata ke australia

Photo credit : instagram.com/katburgler

Berbicara mengenai Wilayah Ibu Kota Australia yang berpusat di Canberra, Wilayah ini adalah wilayah yang paling kecil diantara delapan negara bagian yang ada di Australia.

Walaupun wilayahnya paling kecil diantara yang lain, tetapi jangan salah sangka wilayah ini tidak ada wisata alamnya. Sekitar 46 persen wilayah ini terdapat Taman Nasional Namadgi yang berada di selatan Canberra.

 

Taman nasional ini menawarkan pemandangan yang indah dari wilayah pegunungan Australia yang paling spektakuler.

Tak jauh dari sana, terdapat sebuah cagar alam yang menjadi bukti bahwa suku Aborigin bermukim di wilayah ini sekitar 20.000 tahun yang lalu. Cagar alam ini bernama Tidbinbilla.

 

Sangat unik bukan? Kalian bisa wisata ke Australia sambil mempelajari sejarah suku asli Aborigin di wilayah aslinya.

 

New South Wales

wisata ke australia

Photo credit : instagram.com/nik_to

Taman Nasional di New South Wales menawarkan pemandangan yang berbeda, taman nasional ini mempunyai bentang alam yang sangat beragam. Mulai dari gurun semak, hutan hujan, pedalaman hingga ke wilayah tepi pantai.

Bahkan di wilayah Sydney Harbour pun terdapat taman nasional.

 

Taman nasional yang paling popular di wilayah ini adalah Taman Nasional Royal. Taman Nasional ini popular karena tempat ini adalah taman nasional tertua yang ada di Australia. Selain taman Nasional Royal, terdapat juga taman nasional yang terletak di suatu pulau yang sangat indah. Namanya Lord Howe.

Lord Howe adalah sebuah pulau yang terdaftar sebagai warisan dunia. Pulau ini termasuk ke dalam wilayah New South Wales. Hal yang paling menarik jika kalian berkunjung kesana adalah menikmati pasir pantainya yang putih dan suara kicauan burung yang sangat indah.

 

FYI, pulau ini hanya dikunjungi 400 pengunjung untuk sekali waktu.

 

Wilayah Australia Utara

wisata ke australia

Photo credit : instagram.com/photoslau9

Nah, inilah uniknya wisata ke Australia! karena berbeda wilayahnya akan berbeda juga bentang alam yang ditawarkannya. Kali ini kalian akan menemukan bentang alam yang terdiri dari lereng, lahan basah dan air terjun yang bertingkat.

 

Taman Nasional Kakadu adalah taman nasional terbesar yang ada di Australia, wilayah ini adalah wilayah basah yang biasanya sering dihuni oleh buaya-buaya khas Australia.

Selain taman nasional Kakadu, terdapat taman nasional yang sangat ikonis yaitu taman nasional Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta. Taman yang wilayahnya kering seperti berada di gurun ini adalah salah satu lambang ikonis dari Australia.

 

Kalian dapat menikmati wilayah Uluru dengan cara melihat matahari terbit dan terbenam yang memancarkan sinar seakan-akan langit berubah warna dengan sendirinya.

 

Queensland

wisata ke australia

Photo credit : instagram.com/mkabacamphotography

Berlanjut ke wilayah Queensland, wilayah ini juga menjadi tujuan wisata ke Australia yang cukup menarik. Terdapat taman nasional yang terkenal diantaranya taman nasional Whitsunday Island, Taman Nasional Great Sandy dan Taman Laut Great Barrier Reef.

Siapa yang tidak kenal dengan taman laut Great Barrier Reef?  Great Barrier Reef adalah terumbu karang yang terbentang sepanjang 2.000 kilometer di sepanjang pantai Queensland. Great Barrier Reef telah terdaftar sebagi situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

 

Tidak hanya itu, di Queensland terdapat taman nasional Great Sandy yang menjadi rumah bagi pulau pasir terbesar di dunia. Sangat indah dan bermacam-macam bukan wisata menarik di Australia ini.

 

Australia Selatan

wisata ke australia

Photo credit : instagram.com/samuel.rosenzweig

Selanjutnya ada Taman Nasional Flinders Ranges yang berlokasi di pulau kangaroo sekitar 470 kilometer dari Adelaide. Taman nasional ini akan membawa kalian berjalan mundur melihat sisa-sisa pemukiman bangsa eropa terdahulu.

Flinders Rangers menjadi rumah bagi masyarakat suku Aborigin Adnyamathanha. Di sini juga banyak tumbuhan dan hewan unik di Australia yang telah beradaptasi dengan bentang alam yang gersang dan hanya akan kalian temukan di taman nasional ini.

 

Taman ini juga sangat popular bagi kalian yang ingin melihat beragam jenis satwa asli Australia.

 

Tasmania

wisata ke australia

Photo credit : instagram.com/fanyuchi

Wilayah Tasmania adalah wilayah paling selatan dari negara Australia. Wilayah yang terdiri dari pulau besar dan pulau-pulau di sekelilingnya ini mempunyai taman nasional yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler.

 

Taman nasional di Tasmania merupakan habitat dari beragam tumbuhan dan hewan kuno yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di bumi.

Taman Nasional Southwest adalah taman nasional terbesar yang ada di Tasmania. Tapi hal yang paling disukai turis saat berkunjung ke Tasmania adalah ketika menikmati kawasan Cradle Mountain. Kalian bisa menyusuri kawasan ini dengan cara berjalan kaki selama 6 hari.

 

Serunya lagi selama perjalanan kalian akan merasa menyatu dengan alam, karena semua yang ada di sekeliling kalian hanyalah alam yang terbentang luas. Bagi kalian yang berjiwa petualang sangat cocok untuk menerima tantangan ke salah satu wisata ke Australia ini.

 

Victoria

wisata ke australia

Photo credit : instagram.com/skyking_1

Wilayah Victoria terdapat banyak sekali taman nasional Ezytravelers. Salah satunya taman nasional Great Otway. Itu lho taman nasional yang sangat terkenal dengan Great Ocean Road nya. Taman nasional ini memiliki ciri khas pesisi pantainya yang berbatu.

Selain itu terdapat taman nasional Port Campbell yang menawarkan situs-situs bersejarah kapal yang telah karam, beragam satwa asli Australia dan situs Twelve Apostles.

Jika kalian menyukai olahraga diving, kalian bisa mengunjungi taman nasional Wilson Promontory. Taman nasional ini telah dilindungi sebagai taman nasional laut yang menawarkan wisata menyelam yang luar biasa indahnya. Yuk kapan lagi wisata ke Australia dapetin keindahan ini semua.

 

Cek ajadeh tiket pesawat ke Australia di Ezytravel.co.id

 

Australia Barat

wisata ke australia

Photo credit : instagram.com/daniel_hagley_photography

Nah ini wilayah terakhir yang akan kita bahas. Wilayah Australia barat juga banyak sekali mempunyai taman nasional yang tidak kalah indah dengan wilayah lainnya. Salah satunya adalah Taman Nasional Purnululu di Kimberley Timur.

 

Disana, terdapat perbukitan yang bernama Bungle-bungle Range. Bukit yang menyerupai sarang lebah ini sudah ada sekitar 360 juta tahun yang lalu dan sudah dipuja oleh suku Aborigin selama 40.000 tahun yang lalu.

Taman ini merupakan rumah bagi satwa asli Australia diantaranya, Walbabi dan kangguru merah.  Maka dari itu UNESCO mencatat taman nasional ini sebagai situs warisan dunia pada tahun 1983. Wah sangat indah untuk dikunjungi ya, kapan lagi wisata ke Australia dapat tiket pesawat murah dari Ezytravel.co.id

 

Lanjut cek disini untuk lihat tiket murahnya.

 

Liburan ke Australia itu murah!! Cek aja disini : hotel murah dan karnaval tiket murah

 

Dari semua wilayah diatas, kira-kira kalian akan pergi wisata ke Australia yang mana? Susah ya untuk memilih tempat mana yang akan kalian pilih untuk pergi kesana, karena setiap wilayah dan taman nasional selalu menawarkan bentang alam yang berbeda dengan keindahan alamnya masing-masing.

Yuk langsung aja kalian cek tiket pesawat untuk wisata ke Australia. Ada karnaval tiket murah lho dari Ezytravel.co.id. Buruan beli sebelum tiketnya kehabisan. See u !

2 thoughts on “Pecinta Alam Wajib Cobain Wisata Ke Australia Yang Satu Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *