Destinasi-Destinasi Wisata Gratis di Istanbul, Turki

Kota Istanbul di Turki adalah salah satu tujuan wisatawan yang sangat memukau. Sayangnya, mayoritas tempat wisata di Istanbul mewajibkan wisatawan untuk mengeluarkan uang sebagai biaya masuknya. Tentu saja ini jadi tidak menggiurkan bagi mereka yang merencanakan jalan-jalan murah meriah. Namun jangan khawatir, ada beberapa tempat di Istanbul yang bisa dikunjungi tanpa harus menghabiskan banyak uang. Mau tau mana saja tempat-tempat tersebut?

1. Blue Mosque

Istanbul

Blue Mosque

Jika Jakarta punya Monas dan Paris punya Menara Eiffel, maka kota Istanbul juga memiliki ikonnya tersendiri, yakni Blue Mosque. Masjid yang satu ini mempunyai desain unik dengan wujud kubah yang terpandang saling bersusun. Masjid ini juga berada di daerah yang sangat terkenal di Istanbul, yakni di Sultanahmet yang merupakan kawasan sangat legendaris di kota ini. Masjid ini mempunyai daya tarik khusus pada interior dalamnya. Blue Mosque didirikan pada tahun 1609 dan memiliki hiasan berupa keramik biru dengan total hingga 20 keping. Masjid ini juga juga disempurnakan dengan banyak jendela, jumlahnya mencapai 260 jendela di masjid ini.

2. Ortakory Mosque

tempat wisata di Istanbul

Ortakoy Mosque

Pilihan masjid selanjutnya yang memiliki konstruksi unik adalah Ortakoy Mosque. Masjid yang satu ini memang nggak semegah Blue Mosque. Namun bagian yang menarik dari masjid ini adalah lokasinya berada di tepi Selat Bosporus yang pastinya menjadi tempat yang tepat untuk foto-foto.

3. Florence Nightingale Museum

florence nightingale

Florence Nightingale Museum. Sumber : www(dot)goodbyevirginiahelloworld(dot)com

Untuk kalian yang menyukai sejarah, kalian bisa datang ke Florence Nightingale Museum. Museum Florence Nightingale dibangun sebagai bentuk penghormatan pemerintah Turki untuk sosok Florence Nightingale adalah seorang perawat asal Inggris. Semasa hidupnya, Florence mendedikasikan dirinya untuk merawat para prajurit yang terluka dalam Perang Krimea. Di sini, wisatawan tidak hanya dapat melihat barang-barang yang berhubungan dengan Florence, tetapi juga keterangan yang berkaitan tentang Perang Krimea yang terjadi pada tahun 1853-1856.

4. Grand Bazaar

grand bazaar Istanbul

Grand Bazaar, Istanbul

Masih dengan tema wisata belanja. Ezytravelers bisa datang ke Grand Bazaar yang merupakan salah satu daerah belanja favorit masyarakat setempat maupun para wisatawan yang berkunjung ke Istanbul. Grand Bazaar merupakan satu dari berbagai pusat perbelanjaan dengan umur yang tertua di dunia, yakni 500 tahun.

grand bazaar Istanbul

Interior Grand Bazaar, Istanbul. Sumber : www(dot)tempeltravel(dot)com

Di Grand Bazaar, kalian bisa menemukan beberapa jenis barang, dari kerajinan kulit, barang kuno, pakaian, karpet maupun berbagai jenis aksesoris. Jikalau kalian tidak tertarik untuk berbelanja, gang-gang di Grand Bazaar ini juga menawarkan pemandangan yang menawan. Dan ingat untuk sekedar nongkrong di beberapa toko terdekat yang menjajakan teh atau kopi Turki.

5. Egyptian Bazaar

Istanbul

Egyptian Bazaar

Grand Bazaar bukan satu-satunya pusat perbelanjaan yang berusia tua di kota Istanbul. Opsi lainnya adalah sebuah pasar bernama Egyptian Bazaar. Tempat ini sebenarnya memiliki nama New Bazaar yang dibangun pada tahun 1660. Namun, karena pasar yang satu ini lebih terkenal berkat dagangan rempah-rempah dari Mesir, maka nama tersebut pun beralih menjadi Egyptian Bazaar.

Istanbul

Aneka rempah di Egyptian Bazaar

6. Moda

tempat wisata di Istanbul

Moda Avenue

Kalian bisa menjumpai berbagai bangunan bergaya neoklasik yang unik di Moda. Sambil menikmati eksterior bangunan yang khas, wisatawan juga dapat menyaksikan panorama laut Marmara dari Moda Avenue. Dulunya lokasi ini merupakan lokasi permukiman para orang kaya yang berasal dari Armenia dan Yunani. Namun, setelah abad ke-20, mereka pun memilih untuk meninggalkan Turki. Kabar baiknya, meskipun telah ditinggal, kondisi di Moda masih terawat dan terpelihara dengan baik.

7. Istiklal Street

istiklal street

Istiklal Avenue. Sumber : www(dot)propertyturkey(dot)com

Sepintas namanya nyaris mirip dengan Istiqlal (Masjid) yang ada di Jakarta. Tapi, Istiklal ini merupakan sebuah jalan yang berada di Istanbul. Cocok banget nih bagi Ezytravelers yang hobi berbelanja. Tempat ini juga merupakan salah satu lokasi yang sangat terkenal di kota Istanbul. Saat akhir minggu, destinasi ini dikunjungi hampir oleh 3 juta wisatawan. Bangunan di jalanan Istiklal Street juga cukup unik. Bangunan-bangunan ini dibangun pada abad ke-19 dan awal abad ke-20. Di sini, wisatawan pun bisa menemukan beberapa tempat untuk menghabiskan waktu. Di sepanjang jalan 3 kilometer ini, terdapat berbagai butik, toko buku, galeri seni, teater, cafe, night club, rumah makan dan lain-lain. Istiklal Street juga merupakan tempat berkumpulnya para kawula muda di Turki.

Tunggu apa lagi? Siapkan dan segera angkat kopermu dan mulailah berkeliling di Turki!

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel, tiket pesawat, dan paket wisata

2 thoughts on “Destinasi-Destinasi Wisata Gratis di Istanbul, Turki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *