Mau Liat 1,5 Juta Jenis Tanaman? ke Garden By The Bay Singapore Yuk!

Garden By The Bay Singapore, nama yang udah gak asing lagi kan pastinya di telinga Ezytravelers. Yap betul banget Garden By The Bay merupakan salah satu objek wisata favorit bagi negara tetangga kita Singapore. Tempat ini merupakan tempat wisata dengan konsep alam, walaupun nyatanya tempat ini bukanlah wisata alam yang benar benar tercipta secara alami.

Fun FACT : Garden By The Bay dibangun di atas tanah reklamasi dari laut.

Garden By The Bay Singapore dibuka pada bulan Juni 2012, Ada hampir 1,5 juta tanaman di Gardens by the Bay saat ini dengan lebih dari 158.000 tanaman tumbuh di 18 pohon baja yang memiliki tinggi antara 25 meter dan 50 meter.

garden by the bay singapore
(Photo by Instagram @patoss)

Awal mulanya Garden By The Bay merupakan proyek dari Dewan Taman Nasional Singapura. Tetapi selama perjalanannya berkembang menjadi sebuah organisasi yang berdiri sendiri dan bertanggung jawab untuk mengebangkannya menjadi objek wisata utama di Singapore. Garden By The Bay Singapore juga telah mendapatkan banyak penghargaan, termasuk didalamnya Guinnes World Record untuk “Rumah Kaca Terbesar”.

Promo Super Menarik Klik DISINI

 

Cara Menuju ke Garden By The Bay

Garden By The Bay terletak di kawasan Marina Bay lokasinya hanya 5 menit dari pusat kota Singapore. Kalau Ezytravelers berniat untuk mengunjungi Garden By The Bay Singapore caranya sangatlah mudah. JIka kalian dari Changi Airport setelah turun dari pesawat kalian dapat menuju langsung ke arah stasiun MRT Airport dan menggunakan kereta dengan tujuan Tanah Merah.

Turunlah di Tanah Merah, setelah itu pindah ke MRT dengan tujuan Joon Koon yang mengarah ke stasiun Paya Lebar. Setelah sampai Paya Lebar, lanjut menaiki MRT ke jurusan Marina Bay dan turunlah di stasiun Bay Front. Dari sini kalian bisa berjalan keluar dengan memilih pintu exit B menuju langsung ke Garden By The Bay.

Ada 2 tempat wisata utama sebenarnya di Garden By The Bay Singapore, yang pertama adalah Flower Garden dan yang kedua adalah Cloud Forest.

 

Cloud Forest

Di dalam Cloud Forest kalian akan dibuat takjub dengan adanya Air Terjun “buatan” yang menjulang tinggi ke atas. Nah kabarnya air terjun tersebut merupakan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia. Di dalam Cloud Forest kalian juga dapat menaiki yang namanya skyway, itu adalah sebuah jembatan yang mengelilingi tiang besar. Dari atas sana kalian bisa dengan mudah melihat pemandangan secara keseluruhan ke dalam ruangan serta pemandangan indah di luar sekitar Garden By The Bay.

the fall cloudforest
(Photo by Instagram @astral_vampire)
skywalk cloudforest
(Photo By Instagram @docmajam)

Tips: Bawalah pakaian extra karena di dalam kubah ini suhunya cukup dingin ditambah dengan percikan air terjun yang cukup deras bisa membuat Anda sedikit kebasahan.

 

Flower Dome

Sama dengan Cloud Forest , Flower Dome juga merupakan sebuah konsevatori dalam ruangan yang menyimpan banyak jenis bunga yang selalu bermekaran jika sudah memasuki musimnya. Dengan teknologi canggih serta penyesuaian suhu yang selalu dijaga, maka taman yang mencapai 1,2 hektar ini akan sangat nyaman untuk dijelajahi Ezytravelers.

flower dome
(Photo by Instagram @bexrud)

Biasanya di dalam dome yang satu ini akan sering dilangsungkan event-event seperti event fotografi, pameran bunga orchid dan lainnya. Dekorasi di dalam kubah ini akan berubah-rubah disesuai dengan event besar yang sedang berlangsung seperti Perayaan tahun baru, hari raya imlek, lebaran dan juga hari-hari besar lainnya.

 

Super Tree

SuperTree di Gardens by the bay ini sebetulnya adalah sebuah media untuk tanaman merambat yang dibangun dengan tinggi antara 22 meter hingga ada yang 50 meter tingginya. Strukturnya terbuat dari baja besi yang kokoh yang dibuat dengan desain yang sangat anggun sehingga tanaman merambat tersebut membentuk sebuah pohon raksasa yang sungguh indah.

supertree
(Photo by Instagram @crappysotong)

Dengan memiliki luas sebanyak 101 hektar, setengah dari lahan ini akan dipenuhi taman botanikal yang akan menjadi bagian dari National Parks Board’s Gardens by the Bay Project. Taman ini rencananya bukan hanya didesain secara horisontal, namun juga vertikal. Caranya adalah memenuhi tiang-tiang dengan berbagai tumbuh-tumbuhan hingga ketinggian 25 meter atau bahkan 50 meter.

Taman ini akan dipenuhi oleh jutaan flora langka dan flora yang masuk dalam daftar konservasi. Biaya untuk membangun taman ini mencapai 1 juta miliar dolar Singapura. Rencananya, alam natural ini akan mulai dibuka pada 29 Juni 2012. Bermain ke Gardens By The Bay akan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi pasangan dan keluarga.

 

OCBC Skywalk

Ini merupakan jembatan penghubung dari beberapa supertree di Garden By The Bay Singapore. Dari atas ini kalian akan melihat pemandangan super indah. Karena posisinya berada di atas pohon raksasa “buatan” ini kalian akan benar benar merasa berjalan di atas langit, itulah alasan kenapa jembatan ini dinamakan skyway.

ocbc skywalk
(Photo by Instagram @katerinastavreva)

Tiket OCBC Skyway dijual terpisah dari tiket kedua konservasi. Tiket Skyway hanya $5 untuk dewasa dan $4 untuk anak-anak. Ingat! Jika kalian takut ketinggian, jangan naik ke tempat ini.

Nah itu dia beberapa objek wisata dalam Garden By the Bay yang bisa kalian kunjungi, sebenarnya masih banyak lagi taman taman di sekitaran Garden By The Bay yang bisa kalian datangi secara gratis. Nah untuk kalian yang mau berkunjung kesana berikut adalah jam operasional dari Garden By The Bay Singapore :

Tempat Wisata Jam Operasional
OCBC Skyway Jam 09:00 – 21:00
Heritage Garden Jam 05:00 – 02:00
Area Bay East Jam 05:00 – 02:00
Flower Dome Jam 09:00 – 21:00
Cloud Forest Dome Jam 09:00 – 21:00
Dragonfly & Kingfisher Lakes Jam 05:00 – 02:00

 

Harga Tiket

Sebenarnya sebagian besar dari Garden By The Bay Singapore bisa kalian akses secara gratis, tetapi untuk masuk  mengunjungi Cloud Forest Dome dan juga Flower Dome kalian harus bayar. Jika kalian lihat dalam situs resmi milik Garden By The Bay harga untuk warga lokal dan turis luar Singapore dikenakan biaya berbeda. Untuk turis luar Singapore dikenakan biaya sebesar SG$28 atau sekitar Rp274.000-an.

Tapi tenang aja, kalian gak perlu beli on the spot di Singapore karena kami menyediakan tiket wisata ini dengan harga Rp274.000. Kok sama aja ya? apa specialnya? nih kalau mau harga special kita Ezytravel lagi buat promo di Instagram dan menjual harga Tiket Masuk Garden By The Bay hanya Rp195.000. Untuk mendapatkan harga tersebut kalian cukup Follow Instagram @ezytravel dan temukan kode promo yang akan di blast di Instagram dengan periode tgl 6 September – 15 September 2017.

promo garden by the bay
Follow Yuk @Ezytravel Instagram

3 thoughts on “Mau Liat 1,5 Juta Jenis Tanaman? ke Garden By The Bay Singapore Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *