Mengenal Lebih Jauh Festival Songkran di Thailand

Thailand, Negara tetangga Indonesia ini memang tidak henti hentinya untuk menunjukan keunikan tradisinya. Memang mungkin sebagian dari kalian sudah sangat familiar dengan festival seru di Thailand ini. Tetapi pasti banyak juga dari kalian yang tidak mengetahuinya. Memasuki tahun baru ini, Thailand memiliki festival tradisional unik nih. Festival Songkran, itulah nama yang mereka berikan untuk festival perayaan tahun baru khas Thailand.

Selain pesta perang air di seluruh jalanan Thailand. Festival Songkran adalah Festival tahun baru khas Thailand yang sarat akan keagamaan, spritual dan nilai nilai luhur dari kebudayaan Thailand. Biasa diadakan pertengahan tahun di bulan April.

 

Cerita dibalik Festival Songkran

 

sejarah festival songkran

Tidak hanya bersenang-senang, festival ini juga penuh dengan acara spiritual dan sejarah yang melatar belakangi cikal bakal songkran ini. Pada pagi hari masyarakat Thailand pergi mengunjungi kuil-kuil vihara untuk melakukan sembahyang penghormatan Budha, membersihkan kuil, dan memberikan makanan kepada para biksu. Di bidang pendidikan, para siswa atau mahasiswa juga menghormati para “Ajarn” untuk sebutan untuk dosen, meminta maaf dan mendengarkan segala nasihat yang diberikan.

Pokoknya, momen ini diciptakan untuk berbuat baik dengan sesama dan saling member maaf. Orang Thailand percaya bahwa songkran ini sebagai hari pembersihan diri dari segala kesalahan di masa lalu, dan mulai kehidupan baru dengan menghilangkan segala pikiran negatif dan tindakan yang kurang baik dilakukan. Penggunaan air di Festival Songkran ini dianggap bisa membersihkan diri dari ketidakberuntungan, layaknya hakikat penggunaan air untuk mandi.

 

Kapan Festival Songkran Berlangsung

Tahun ini, festival songkran secara resmi dimulai tanggal 13 April (dibeberapa kota mungkin akan memulainya lebih cepat) dan festival berlangsung 3 sampai 5 hari tergantung dari lokasinya. Orang-orang akan turun kejalanan tumpah ruah, jalanpun akan digenangi dari percikan air, acara spesial dari asia tenggara yang mendunia dari negeri gajah putih sudah cukup terkenal bagi wisatawan untuk berkunjung ke negara itu”Thailand” karena hari peringatan Festival Songkran sungguh menakjubkan dan juga sangatlah unik.

 

Tips dan Trick Untuk Menikmati Festival Songkran

festival songkran ramai

1. Cari tempat yang ramai dikunjungi wisatawan

Carilah tempat- tempat yang ramai dikunjungi wisatawan untuk merayakan Festival Songkran. Karena makin ramai pasti akan semakin seru! Salah satu tempat yang paling direkomendasikan untuk merayakan Songkran adalah Kota Chiang Mai yang berada di Thailand Utara.

Selain karena kecantikan kota tuanya, pusat Kota Chiang Mai dikelilingi oleh reruntuhan benteng dan kanal. Peserta Songkran banyak berkumpul di pinggiran kanal, karena dengan begitu mereka akan mudah mengisi ‘amunisi’ air.

booking hotel di thailand

 

2. Booking hotel dan transportasi jauh-jauh hari

Hari-hari Festival Songkran merupakan peak season hampir di seluruh kota. Sebaiknya siapkan budget lebih untuk booking hotel dan beli tiket pesawat, karena pasti akan lebih mahal harganya untuk tanggal jatuhnya festival ini.

 

3. Datang sebelum festival, pulang setelah festival

Kedatangan dan kepergian sebaiknya dilakukan beberapa hari sebelum dan sesudah Festival Songkran. Meskipun tanggal resmi Songkran adalah tanggal 13-15 April, di kota- kota tertentu, penduduk lokal maupun turis sudah memulai melempari air di H-1 dan H+1. Para traveler dapat mengunjungi objek- objek wisata di thailand dengan tenang sebelum Songkran.

Apabila berencana untuk meninggalkan kota di hari Songkran, sebaiknya berjaga-jaga, agar diri Kalian maupun tas tidak basah terkena serangan air. Kami banyak mendapati turis-turis yang baru datang, maupun yang akan pergi, pada saat berlangsungnya Songkran marah karena barang-barangnya basah terkena lemparan air.

Sebaiknya kalian mengantisipasi hal tersebut sebelumnya. Untuk ketersediaan kendaraan umum, tidak perlu khawatir karena transportasi dalam kota maupun antarkota tetap beroperasi seperti hari biasa. Lancar!

dry bag untuk festival

 

4. Amankan peralatan elektronik

Tips selanjutnya, amankan peralatan elektronik kalian. Gunakan zipper plastic bag atau wadah anti air. Pastikan wadahnya tertutup rapat dengan benar. Bagi yang ingin berfoto saat berlangsungnya Songkran, sebaiknya memakai kamera anti air atau memakai waterproof case. Selama perang air, semua orang tidak akan pandang bulu dalam memilih objek, tidak peduli kalian sedang membawa peralatan elektronik atau tidak.

songkran festival

 

5. Beli pistol air, jangan lupa ditawar

Tips berikutnya, saat membeli senapan air atau peralatan perang air lainnya, sebaiknya mencari perbandingan harga dari beberapa pedagang. Penjual memanfaatkan kebutuhan dan keawaman turis, sehingga terkadang memberi harga tinggi. Jangan segan untuk menawar apabila harga yang diberikan dirasa tidak normal. Apabila memungkinkan, kalian bisa meminta tolong penduduk lokal untuk dititipkan membeli barang yang kalian mau. Biasanya penjual akan menjual lebih murah kepada penduduk lokal.

Seru kan? Mau tau lebih? Mampir nih ke : Wisata Thailand

 

6. Jaga stamina

Kalian juga harus menjaga kesehatan baik- baik. Untuk orang Indonesia yang rawan masuk angin, sebaiknya siapkan obat-obatan yang diperlukan. Banyak ‘markas pertahanan’ yang menggunakan air es sebagai amunisi mereka. Jam dimulainya Songkran adalah sekitar pukul 09.00 pagi sampai pukul 18.00 sore, dan kalian dipastikan akan basah kuyup selama festival berlangsung.

songkran

 

7. Jangan lupa pakai sunblock

Tips lain yang bisa dicoba adalah pakailah waterproof sunblock. Kalian akan bermain air di area terbuka seharian di hari- hari paling panas di Thailand. Sehari saja kalian tidak memakai sunblock, bisa merusak hari-hari kalian berikutnya karena kulit yang perih terbakar matahari.

 

8. Bermain aman

Para traveler juga wajib untuk menjaga keselamatan diri sendiri saat festival songkran. Kalian dapat mengikuti Songkran dengan bermarkas di suatu tempat bergabung dengan tim, ataupun mengikuti arak-arakan yang biasanya menggunakan mobil pick up atau truk dengan bak terbuka. Banyak kecelakaan yang terjadi di jalan raya pada saat Songkran, sebagian besar karena kendaraan yang tergelincir di jalanan yang basah.

water festival

 

9. Jangan emosi

Tips terakhir tentunya ciptakanlah suasana hati yang kondusif. Jangan mudah tersinggung atau marah hanya karena hal- hal kecil yang tidak disengaja. Songkran adalah festival seru untuk senang-senang. Jangan ada dendam di antara kita, ya ezytravellers!

Semoga dengan adanya artikel ini kalian para Ezytravelers dapat tau apa arti dan makna Festival ini sebenarnya. Jangan lupa juga untuk praktekin tips yang kita berikan nih Ezytravelers, dan jangan lupa juga beli tiket pesawat nya di ezytravel.co.id.

3 thoughts on “Mengenal Lebih Jauh Festival Songkran di Thailand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *