Kurangi Efek Jet Lag Dengan Cara Ini

Sebuah permasalahan umum dari dulu sampai sekarang yang tak dapat dihindari oleh kamu, para pecinta traveling ke luar negeri adalah jet lag. Jet lag merupakan sebuah kondisi di mana kita merasa kelelahan atau kecapekan, kesulitan untuk tidur, dan gejala lain akibat dari perjalanan udara yang melewati teritori waktu berbeda dengan cepat. Tanda-tanda dari jet lag dapat meliputi keadaan seperti perasaan tidak tenang, ingin buang air besar atau diare, sembelit, mual, kebingungan, dehidrasi, sakit kepala, keringat berlebih, mudah marah, disorientasi arah, bahkan hingga kehilangan ingatan. Setelah mengetahui hal di atas, jet lag memang terkesan begitu mengerikan dan sangat mengganggu khususnya untuk Ezytravelers yang sudah merencanakan perjalanan sejak jauh-jauh hari, namun kondisi jet lag ini dapat dikurangi. Dibawah ini adalah beberapa tips dan trik agar bisa mengurangi jet lag.

1. Istirahat yang Cukup Sebelum Memulai Perjalanan

jet lag

Sumber : ayysa(dot)com

Seringkali sebelum memulai sebuah perjalanan, Ezytravelers akan bekerja makin intensif karena akan mengesampingkan sejumlah tugas dan kewajiban rutinitas di kantor dalam beberapa waktu kedepan. Faktor inilah yang sebenarnya akan membuat jet lag berpotensi semakin fatal. Patut diingat kembali lagi bahwa penerbangan dengan selang waktu yang panjang pasti akan menghabiskan energi yang banyak, maka dari itu sebaiknya persiapkanlah dirimu sebelum melakukan penerbangan tersebut. Persiapan untuk melakukan perjalanan yang aman dan nyaman bisa dilakukan 48 jam sebelum keberangkatan. Caranya, Ezytravelers bisa mulai mengurangi kegiatan rutinitas dan beristirahat di rumah.

2. Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin Selama Penerbangan Berlangsung dan Atur Jam

kelelahan

Sumber : nairaland(dot)com

Seringkali maskapai penerbangan memberikan beraneka ragam fasilitas penerbangan seperti inflight movie/music, tetapi terdapat satu hal yang dapat menolong kamu mengatasi jet lag yaitu take a nap atau terlelap tidur sesaat. Beberapa jam tertidur akan membantu tubuh untuk lebih rileks dan nyaman. Hal yang tidak boleh terlupa ketika pilot mengumumkan jam lokal di tempat tujuan, kamu wajib segera menyetel waktu di jam tanganmu menjadi waktu lokal yang telah diumumkan. Tambahan lainnya, ubah juga pikiranmu bahwa waktu yang sedang dijalani adalah waktu yang telah terpampang di jam serta lupakan waktu lokal di rumah.

3. Tahan Kantuk dan Tetap Melek

jam tidur

Sumber : huffingtonpost(dot)com

Jika Ezytravelers telah sampai tetapi belum waktunya tidur di jam setempat, maka tahanlah rasa mengantuk tersebut sampai waktunya. Beberapa opsi aktivitas yang dapat dilaksanakan untuk menghalau rasa kantuk adalah dengan berjalan-jalan karena hal yang dibenci jet lag adalah udara atau hawa segar, matahari, dan olahraga. Kamu akan dipaksa oleh tubuhmu untuk tidur, tetapi cobalah untuk tidak mengikuti permintaan tidur tersebut hingga tiba malam hari di waktu setempat.

Semoga tips di atas dapat membantu Ezytravelers dalam mengurangi atau bahkan bisa menghilangkan efek jet lag ketika sedang liburan ke luar negeri.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel, tiket pesawat, dan paket wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *