Media Trip ke Semarang Bersama Ezytravel.co.id

Halo Ezytravelers! Kali ini kita akan membagikan cerita perjalanan kita bersama teman-teman media saat menuju Semarang. Pada hari Rabu tanggal 3 Mei 2017, kami Tim Ezytravel.co.id melakukan Trip ke Semarang. Awal perjalanan kami dimulai dari Bandara Halim Perdana Kusumah. Kami berangkat melalui Bandara Halim Perdana Kusumah pada pukul 05.15 menggunakan maskapai Citilink dan tiba di Bandara Achmad Yani Semarang pada pukul 06.20.

 

Hari Pertama

Setelah tiba di Bandara Achmad Yani Semarang, kami langsung dijemput oleh bus PO Nusantara. PO Nusantara akan mensupport transportasi selama trip ke Semarang ini lho Ezytravelers. Di Semarang, kami sudah ditunggu oleh teman-teman blogger HelloSemarang. Nah, perjalanan pertama kita akan menuju Klenteng Sam Po Kong, tetapi sebelum menuju Sam Po Kong kami berhenti di salah satu tempat makan untuk sarapan mengisi perut sebelum menelusuri Sam Po Kong.

Perjalanan Day 1

Itinerary

 

Sam Po Kong

Saat tiba di Sam Po Kong, cuaca panas dan terik di Kota Semarang tidak menghalangi antusias kami untuk mengeksplor tempat wisata di Semarang ini lebih dalam. Sam Po kong adalah sebuah kawasan klenteng yang memang sengaja dibuat untuk menghormati Laksamana Ceng Ho. Tempat wisata di Semarang ini termasuk ke dalam salah satu cagar budaya yang dilindungi lho.

trip ke semarang
Salah satu kelenteng di Sam Po Kong

Di Sam Po Kong, kami ditemani oleh seorang pemandu wanita yang memberikan banyak penjelesan mengenai sejarah laksamana Ceng Ho sampai terbentuk klenteng-klenteng ini di kawasan Sam Po Kong. Serunya lagi, kami berkesempatan untuk melihat klenteng lebih dalam. Kami menemukan barang-barang peninggalan laksamana Ceng Ho yang tersimpan di bawah gua di salah satu klenteng.

 

 

Goa Kreo

Setelah mengeksplore Sam Po Kong, kami mengunjungi salah satu tempat wisata di Semarang selanjutnya. Kami menuju kawasan Goa Kreo yang cukup terkenal dengan cerita-cerita legendanya. Selama perjalanan menuju Goa Kreo, kami disuguhkan dengan jalanan yang berbukit-bukit. Jalanan ini seperti menaiki bukit yang naik turun seperti halnya jika menyusuri jalanan puncak di Jawa Barat.

trip ke semarang
Salah satu keseruan di Goa Kreo bersama teman-teman media dan blogger

Setibanya di Goa Kreo, kami langsung disambut oleh sekumpulan kera yang memang tinggal di kawasan ini. Jalanan menuju Goa dari tempat parkir memang agak sedikit jauh, karna harus melewati jembatan yang membelah waduk jatibarang. Kera-kera di Goa Kreo juga selalu menemani kami sampai tepat di depan Goa. Pemandangan disini sangat indah untuk dinikmati, apalagi jika kalian datang di sore hari.

 

Ngerembel Asri

Setelah perjalanan yang cukup melelahkan di Goa Kreo, kami bersama teman-teman media dan blogger akhirnya beristirahat di salah satu restoran yang sudah cukup terkenal di Semarang. Restoran ini bernama Ngerembel Asri, dari namanya saja kita bisa tahu bahwa restoran ini menyajikan suasana yang asri.

trip ke semarang
Suasana di Ngerembel Asri

Sesampainya disana, memang sangat terlihat bahwa suasana di restoran ini sangat asri dan sangat cocok untuk mengajak keluarga kalian. Pada siang itu, suasana Ngerembel Asri diselimuti dengan hawa yang dingin, karena cuaca di sana sedang hujan ringan. Suasananya sangat cocok bagi kami untuk beristirahat di sela-sela Trip Ke Semarang kami dan menikmati makan siang yang telah disediakan oleh restoran ini.

 

Setelah menyantap makan siang, kami terlebih dahulu check in di Hotel Holiday Inn Express yang di support oleh Nusantaratour.co.id. Setelah itu, bus yang menemani kami selama trip ke Semarang ini harus mengantar teman-teman blogger dan beberapa media ke Hotel Pandanaran. Hotel Pandanaran ini juga mensupport kami lho untuk mewujudkan acara media trip ke Semarang.

trip ke semarang
Room saat kami menginap

Selesai beristirahat, kami berencana menyantap makanan di Angkringan Blenduk, mengunjungi Lawang Sewu dan Tugu Muda pada malam harinya. Sayangnya pada malam itu cuaca kurang bersahabat. Hujan besar menghalangi kami untuk mengunjungi ketiga tempat itu. Hingga akhirnya kami memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan kami di hari pertama kami trip ke Semarang.

 

Hari Kedua

Bangun pagi kami langsung bergegas sarapan di hotel masing-masing sebelum melakukan aktivitas di hari kedua. Hotel Pandanaran dan Hotel Holiday Inn Express sama-sama menyajikan makanan yang sangat lezat. Selesai menyantap makanan yang disediakan, bus PO Nusantara ternyata sudah menjemput kami di lobby hotel. Kami pun langsung menuju hotel Holiday Inn Express yang di support Nusantaratour.co.id untuk menjemput teman-teman yang lain.

 

Kampung Batik

Perjalanan menuju Kampung Batik hanya ditempuh dengan 15 menit perjalanan dari Simpang Lima. Sesampainya di Kampung Batik, kami berkunjung ke Toko Batik Handayani milik Ibu Rini. Di sini kami akan belajar membatik mulai dari proses melukis dengan canting sampai proses finishing. Para teman-teman media dan blogger sangat antusias sekali dalam menyimak penjelasan dari Ibu Rini.

trip ke semarang
Antusiasme teman-teman sebelum membatik

Setelah proses melukis yang cukup lama, barulah masuk ke proses pewarnaan. Kali ini teman-teman media dan blogger bisa berkreasi sesuai dengan kreativitasnya sendiri. Selesai mewarnai kain yang sudah batik, barulah proses penjemuran di bawah sinar matahari. Proses ini memakan waktu yang agak cukup lama. Sembari menunggu proses ini selesai, kami berkeliling menyusuri Kampung Batik ini.

 

Masjid Agung Jawa Tengah

Hari pun sudah menjelang siang, setelah kami belajar membatik di Batik Handayani kami pun mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah. Siapa yang tidak kenal dengan Masjid ini, Masjid yang mempunyai arsitektur seperti Masjid Nabawi di Madinah ini menjadi salah satu landmark dari kota Semarang. Teman-teman media dan blogger yang beragama muslim segera bergegas untuk beribadah sholat Dzuhur.

trip ke semarang
Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah

Sementara bagi yang beragama non-muslim mereka langsung mengunjungi tower masjid yang berada di depan masjid ini. Disana kalian bisa melihat pemandangan kota Semarang dari ketinggian 99 meter. Dengan menggunakan lift, kalian bisa langsung menuju lantai 19 untuk menikmati pemandangan kota Semarang mulai dari lautnya sampai gedung-gedung bertingkat di Kota Semarang.

 

Tahu Gimbal Pak Edi

Nah setelah beribadah sholat Dzuhur di Masjid Agung Jawa Tengah, kami langsung mengunjungi tahu gimbal Pak Edi yang terletak di depan Taman KB. Sesampainya di sana, meja yang kami pesan telah dipersiapkan oleh sang pemilik. Tidak lama kemudian pesanan tahu gimbal kami sudah siap untuk dimakan.

trip ke semarang
Menyantap makan siang di tahu gimbal pak Edi

Bagi yang penasaran dengan tahu gimbal, kalian bisa membayangkan tahu gimbal ini seperti pecel madiun atau tahu tek dari Surabaya. Tahu gimbal ini berisi tahu, telur goreng, sayuran (kol), lontong dan gimbal itu sendiri. Gimbal itu seperti bakwan yang di goreng menggunakan tepung dan diberi udang di atasnya. Nah tahu gimbal ini disajikan dengan menggunakan saus kacang yang sangat lezat.

 

Tahu Petis Yudhistira

Lagi lagi tahu ya Ezytravelers, kali ini kita berkunjung ke Tahu Petis Yudhistira. Bukan untuk menyantap makanan dari Tahu Petis Yudhistira ini, melainkan Tahu Petis Yudhistira dengan sangat berbaik hati memberikan kami oleh-oleh untuk dibawa pulang dari trip ke Semarang. Kami pun berkunjung ke ke toko tahu petis Yudhstira sekaligus rumah dari owner tahu petis ini.

trip ke semarang
Berpose bersama ayah dari owner Tahu Petis Yudhistira

Toko yang terletak di Jalan Yudistira samping kampus Udinus ini mempunyai toko yang minimalis dengan suasananya yang sangat homey sekali untuk sekedar hangout bersama kerabat. Kami sempat bertemu dengan Ayah dari owner tahu petis ini. Beliau sangat menyambut hangat kedatangan kami. Tak lupa tim kami memberikan bingkisan untuk menjadi kenang-kenangan dan berfoto bersama di tahu petis Yudhistira.

 

Bandeng Juwana Elrina

trip ke semarang
Photo credit by : whicaps-unwahas.info

Tak lengkap rasanaya jika ke Semarang tidak membeli oleh-oleh khas Semarang yang satu ini. Apalagi kalau bukan Bandeng Juwana Elrina. Bandeng yang sudah terkenal di seluruh penjuru Semarang ini mempunya banyak cabang di mana-mana. Karena kami mengejar pesawat ke bandara, akhirnya kami memutuskan untuk berhenti di Bandeng Juwana sekitar 15 menit saja. Rasanya waktu itu agak kurang untuk mengelilingi toko ini. Setelah 15 menit di bandeng Juwana, akhirnya kami langsung menuju Bandara Achmad Yani untuk kembali ke Jakarta.

 

Mau jalan-jalan ke Semarang? Baca dulu infonya di sini: Paket Wisata Semarang dan Info Wisata Semarang

 

Sesampainya di bandara, maka berakhirlah sudah Media Trip ke Semarang bersama Ezytravel.co.id ini. Banyak cerita yang bisa kami dapatkan dari Media Trip kali ini. Yang pasti banyak mengenal kawan-kawan baru dan banyak belajar dari aktivitas-aktivitas yang dilakukan saat Media Trip ke Semarang ini.

Setelah check in dan menunggu di lounge bandara, pesawat kami mengalami sedikit delay sekitar 30 menit dikarenakan kota Semarang kembali diguyur hujan yang cukup lebat. Tetapi untungnya maskapai Citilink sangat professional dalam melayani penumpangnya. Walaupun keberangkatan mengalami kemunduran jadwal, tetapi pada saat kami tiba di Bandara Soekarno-Hatta waktunya sangat tepat dengan jadwal semula.

Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, akhirnya kami pun berpisah dengan teman-teman media dan kembali ke rumah masing-masing dengan selamat.

2 thoughts on “Media Trip ke Semarang Bersama Ezytravel.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *