#MustGoIndonesia Uniknya Pasar Tradisional Indonesia yang Khas

Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempah yang beragam. Rempah-rempah yang dapat menunjang rasa disetiap masakan tersebut menjadi kunci nikmatnya makanan Indonesia yang khas. Rempah-rempah tersebut dijual dengan lengkap di Pasar Tradisional. Dengan perkembangan zaman saat ini, banyak sekali pasar modern seperti swalayan dengan beragam kelebihan yang di tawarkan, tetapi hal tersebut tidak menutup eksistensi dari pasar tradisional.

Sampai saat ini pasar Tradisional masih tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk membeli bahan-bahan masakan. Hampir disetiap wilayah Indonesia memiliki pasar tradisional, seperti pasar yang terletak di Prawirotaman kota Yogyakarta ini. Di pasar Prawirotaman ini tampak sama seperti pasar-pasar lainnya dengan kegiatan yang umum terjadi di pasar yaitu jual-beli. Tetapi terdapat perbedaan dan keunikan tersendiri yang ada di Pasar Prawirotaman.

pasar tradisional indonesia
Photo by Danny Alfiando

Selain menjual rempah-rempah, di Pasar Prawitotaman juga menjual berbagai macam makanan atau kue-kue jajan pasar yang sudah mulai sulit untuk didapatkan. Tidak semua pasar menyediakan jajanan pasar tradisional, tetapi di Pasar Prawirotaman ini masih menjual jajanan pasar tersebut, seperti cenil, gatot, tiwul yang khas Indonesia. Uniknya pasar tradisional yang cenderung buka pagi hingga sore hari, Pasar Prawirotaman ini buka hingga malam hari walaupun tidak seramai pagi tetapi tetap terdapat aktivitas jual beli dimalam hari.

Pasar yang memiliki luas bangunan yang cukup besar ini mampu menampung hingga 500 lebih pedagang yang berjualan segala kebutuhan dapur. Seperti pasar tradisional pada umumnya, Pasar Prawirotaman juga memiliki keistimewaan tersendiri yaitu di tengah jual beli kita dapat menawar harga belanjaan yang kita beli.

Hal inilah yang membuat pasar Tradisional memiliki nilai khusus dihati masyarakat Indonesia. Tidak hanya hal tersebut saja, pasar tradisional memiliki nilai-nilai yang lebih menonjol dan lebih mendorong orang-orang untuk berbelanja di pasar. Harganya yang lebih murah, aneka rempah yang lengkap , kesegaran yang terjaga hingga aneka jajanan pasar yang mulai menghilang tetap ada di Pasar Prawirotaman dan menjadi nilai plus dari pasar tradisional.

Di era yang sudah semakin modern ini hendaknya kita tetap menjaga pasar tradisional yang ada di setiap daerah karena tempat ini sangat mencerminkan keistimewaan dari Indonesia. Lingkungan, interaksi sosial yang nyaman dan ramah serta harga barang yang dijual dapat ditawar yang tidak terdapat di tempat perbelanjaan lainya sehingga sangat menarik untuk dilertarikan.

Setiap karya memiliki nilai dan makna tersendiri, seperti nilai dan makna yang ada di dalam foto ini. Foto yang menggambarkan kegiatan jual beli pada saat pagi hari yang terjadi di Pasar Prawirotaman ini. Tambahan cahaya Rays of Light atau sering disebut roll menambah nilai plus yang ada di foto ini dibanding foto lainya, karena lebih mendramatisir lingkungan pasar dan nilai pasar itu sendiri yaitu Pasar Prawirotaman. Nilai plus lainya dalam foto ini yaitu ekspersi atau raut wajah pedagang yang sedang menyimak kebutuhan apa saja yang akan dibeli oleh pembeli yang ada dihadapanya serta kegiatan perbelanjaan yang terdapat didalam foto itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *