5 Tempat Wisata dan Kuliner Wajib di Medan yang Mantap!

Tidak banyak kota metropolis yang mampu memadukan antara modernitas dengan masa lampau dengan apik seperti Kota Medan. Ada puluhan destinasi menarik yang menjadi trademark dan ciri khas kota Medan. Namun kali ini kami akan membahas 5 tempat wisata di Medan yang keunikannya wajib Anda kunjungi.

Sebagai titik awal, datanglah ke Museum Sumatera Utara. Di sini Anda dapat melihat sejarah Sumatera Utara dari masa pra sejarah, kerajaan-kerajaan Hindu-Budha, kemudian masa kejayaan kerajaan Islam, hingga pendudukan kolonial Belanda. Setelah itu Anda juga dapat mempelajari masa-masa perjuangan rakyat Sumatera Utara dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tak hanya itu, museum ini pun menyajikan segala sesuatu yang menyangkut budaya Sumatera Utara.

 

Merdeka Walk

merdeka walk medan
photo credit : wikipedia

Destinasi berikutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Merdeka Walk. Tempat wisata Medan ini menjadi tujuan para pelancong yang khusus memburu kelezatan kuliner jalanan khas Medan yang kerap disebut street food. Anda dapat menemukan berbagai jenis menu masakan khas Medan seperti Lontong Medan, Mie Aceh dan masih banyak lainnya. Tidak hanya kuliner saja, Merdeka Walk juga menjadi ajang kumpul anak muda. Setiap akhir pekan Anda dapat menikmati live music yang dimainkan oleh band-band lokal.

 

Gedung Lonsum

gedung lonsum medan
photocredit : medanwisata.com

Satu lagi yang selalu menjadi tujuan wisata kuliner khas Medan adalah restaurant Tip Top. Restaurant ini didirikan pada tahun 1929 dan hingga kini masih mempertahankan arsitektur masa lampaunya. Suasana vintage menyambut begitu Anda melangkahkan masuk. Menunya sendiri bervariasi dari masakan Cina seperti cap cay, puyunghai, koloke, hingga masakan khas Eropa seperti steak lidah sapi, bistik sapi dan omelet.

Bila Anda penggemar bangunan berarsitektur unik, maka Anda wajib mengunjungi Gedung London Sumatera yang juga dikenal dengan nama Gedung Lonsum. Didirikan pada tahun 1909, gedung ini pada awalnya berfungsi sebagai kantor Harrison and Crossfield Company yang mengelola perkebunan karet di Sumatera Utara. Pada masanya gedung ini menjadi salah satu gedung termewah di tanah Deli karena memiliki fasilitas lift yang menjangkau lima lantainya.

 

Kuil Shri Marriaman

kuil shri mariamman
photo credit : http://panduanwisata.id/

Belum lengkap juga perjalanan wisata di Medan Anda jika tidak mampir mengunjungi Kuil Shri Marriaman yang terletak di kampung India. Kuil ini adalah salah satu bangunan tertua di Medan, dibangun pada abad 18 oleh seorang pedagang India yang berasal dari Gujarat. Di sekitar kuil inilah kemudian berkembang perkampungan penduduk yang mayoritas adalah pedangang dan saudagar India. Hingga kini tempat ini disebut juga dengan nama little India di Medan. Kuil ini sarat dengan arsitektur India yang didominasi dengan warna hijau dan ornamen emas. Terdapat berbagai patung dewa seperti Ganesha, Siwa, Wisnu dan Kali.

Demikianlah sedikit dari tempat wisata Medan yang benar-benar unik dan layak Anda kunjungi. Masing-masing membawa pesona masa lampau dan modernitas masa kini, semuanya akan membuat pengalaman wisata Anda tak terlupakan.

 

KULINER LEZAT DI MEDAN

Salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan selama berlibur adalah berburu menu sarapan yang lezat. apabila bertolak dari jakarta ke medan dengan menggunakan pesawat akan memakan waktu 2 jam untuk sampai di medan. Setiap daerah memiliki tradisi tersendiri berkaitan dengan menu makan pagi. Dan, kali ini kami akan membahas 5 kuliner lezat yang cocok menjadi menu sarapan sebelum Anda berkunjung ke berbagai tempat wisata Medan.

 

BIHUN BEBEK KUMANGO

BIHUN BEBEK KUMANGO
photo credit : www.tripadvisor.co.id

Kuliner yang satu ini amat terkenal di Medan dengan julukan Bihun Bebek Paling Mahal di Medan. Untuk menikmati semangkok Bihun Bebek ini Anda harus merogoh kocek sekitar 40 rb rupiah. Namun harga ini terbayar lunas dengan kelezatannya yang tiada banding. Yang menjadi keistimewaannya sudah pasti potongan daging bebek yang gurih dan empuk, diiris tipis-tipis dan diletakan di atas semangkuk bihun rebus. Sebagai pelengkap Bihun Bebek ini diberi potongan sawi hijau, taburan bawang daun dan bawang putih goreng. Kuahnya disajikan terpisah. Porsinya cukup besar untuk orang dewasa. Jika Anda kebetulan tidak suka daging bebek, maka Anda dapat memesan menu Bihun Ayam.

Terletak di jalan Kumango, Anda harus bergegas karena tempat ini hanya buka pada jam 6 hingga 11 siang.

 

BURGER NASI MEDAN

burger nasi medan
photo credit : medan.panduanwisata.id

Penganan yang satu ini terbilang baru dan cukup banyak tempat wisata Medan yang menjualnya. Namun ada satu yang istimewa yakni Burger Nasi Medan yang terletak di Jalan Setia Budhi, samping Pizza Hut. Sepintas mirip dengan burger biasa, hanya saja sebagai pengganti roti digunakanlah nasi. Isinya bervariasi mulai dari daging ayam goreng, daging sapi kecap dan juga dilengkapi dengan sayur mayur, potongan tomat dan saus sambal. Kedai ini buka sejak pukul 9 pagi hingga 9 malam. Cocok sebagai menu sarapan atau sekadar pengganjal perut sebelum Anda berjalan menuju tempat wisata di Medan lainnya.

Yuk Beli Tiket Murah ke Medan cuma di Ezytravel.co.id, dan nikmati Pilihan Paket Wisata Medan menarik lainnya.

 

BUBUR DAN BLACK COFFEE MORNING GLORY

Bubur dan secangkir kopi bisa jadi pandanan menu sarapan yang paling ideal. Kalau kebetulan Anda ingin menikmati makan pagi yang ringan dan sederhana, maka datanglah ke Morning Glory Cafe yang terletak di Jalan Amir Hamzah. Bila biasanya Anda mendapati bubur ayam disajikan dalam mangkuk besar, maka di sini Anda justru hanya menyantap dalam porsi kecil (setara dengan mangkuk nasi). Tetapi jangan tertipu dengan ukurannya karena rasanya benar-benar lezat dengan potongan ayam suwir, cakue, dan taburan daun bawang. Setiap pemesanan semangkuk bubur Anda akan mendapatkan secangkir kopi hitam. Benar-benar cocok untuk memulai harisaat wisata di Medan.

 

LONTONG SAYUR PONDOK PISANG

Jika kebetulan Anda bangun sedikit siang saat wisata di medan maka menu sarapan yang satu ini cocok menjadi pengganjal sembari menunggu makan siang. Lontong Sayur Pondok Pisang sekilas mirip dengan Lontong Sayur lainnya kecuali di sini kuahnya benar-benar gurih dan berbumbu rempah-rempah. Dagingnya menggunakan daging sapi rendang dan ayam masak cabe hijau. Tak hanya itu, sepiring lontong sayur pastilah disajikan dengan buah pisang. Anda dapat berkunjung ke Sun Plaza untuk menikmatinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *