Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit Saat Traveling

Saat ini untuk pergi jalan-jalan lebih gampang apalagi dengan adanya sistem pembayaran yang semakin mudah dan praktis, membuat semua orang mendapatkan kemudahan untuk bepergian mengunjungi tempat-tempat lainnya. Kartu kredit adalah salah satu sistem pembayaran yang memudahkan perjalanan para wisatawan, apalagi saat berlibur ke luar negeri. Tapi terkadang, saat merencanakan liburan, kartu kredit tidak hanya digunakan untuk sekedar melakukan pemesanan tiket pesawat, hotel ataupun untuk berbelanja. Kalian pun harus mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan penggunaan kartu kredit kalian benar-benar aman. Berikut ini beberapa panduan aman menggunakan kartu kredit untuk memesan tiket pesawat ataupun hal lainnya.

1. SEBELUM PERJALANAN

Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit
(Sumber foto: www[dot]cnn[dot]com)

Pilih kartu yang compatible dengan negara yang akan dikunjungi. Artinya jika kalian memiliki rencana pergi ke luar negeri, ada baiknya kalian teliti lebih dahulu apakah kartu kredit yang kalian miliki dapat diterima secara luas di tempat tujuan kalian. Biasanya kartu dengan logo Visa atau MasterCard dapat diterima di beberapa negara.

Menghubungi pihak bank. Sebaiknya kalian –sebagai pemegang kartu kredit- memberitahukan tujuan mana yang akan kalian kunjungi bahkan saat kalian ingin ke luar negeri sekalipun. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kemungkinan kartu kredit kalian diblokir dikarenakan aktivitas yang dianggap mencurigakan.

Mencari tahu informasi apakah kartu kredit yang kalian gunakan memiliki keuntungan lainnya selain untuk pembayaran. Mungkin saja kartu kredit yang kalian gunakan memiliki sejumlah manfaat yang ditawarkan namun kalian tidak mengetahuinya. Dalam hal ini, kartu kredit kalian bisa saat menawarkan asuransi kesehatan gratis atau diskon untuk perjalanan kalian seperti bebas biaya bagasi ataupun fasilitas sarapan gratis.

Mencari informasi lebih banyak mengenai biaya transaksi asing. Carilah informasi sebanyak-banyaknya kepada pihak bank untuk minta mereka memeriksa biaya transaksi asing karena setiap bank bisa saja mempunyai peraturan sendiri untuk setiap Negara. Setelah mendapatkan informasinya, gunakanlah kartu kredit dengan biaya transaksi asing terendah.

Periksalah batas kredit dan verifikasi tanggal kadaluarsa untuk menghindari “no access credit card” saat kalian sedang beradadi luar negeri. Kemudian, buatlah salinan kartu kredit kalian dan simpanlah di tempat yang menurut kalian aman. Dan yang paling penting adalah mintalah nomor darurat atau nomor penting kepada pihak bank penerbit kartu kredit jika sewaktu-waktu kalian mengalami kasus darurat.

Bawa beberapa kartu untuk cadangan. Jika kalian sedang berpergian dengan anggota keluarga atau pasangan, cobalah untuk membawa kartu kredit dari penerbit yang berbeda. Cara ini memungkinkan untuk digunakan apabila suatu saat salah satu diantara kalian mengalami kehilangan kartu baik karena sifatnya lalai ataupun dicuri.

2. SELAMA PERJALANAN

Tips Menggunakan Kartu Kredit
(Sumber foto: www[dot]themainewire[dot]com)

Simpanlah tanda terima. Kadang-kadang saat kalian naik taksi, membeli barang, atau masuk suatu kawasan wisata di luar negeri, sangat sulit melacak berapa kali kalian menggunakan kartu kredit. Salah satu caranya yang dapat kalian lakukan adalah dengan menyimpan semua bukti pembayaran atau tanda terima kalian untuk memastikan biaya yang sudah dikeluarkan.

Gunakanlah kartu kredit dengan bijaksana. Aturlah kartu kredit kalian dengan biaya terendah saat kalian berpergian apalagi saat ke luar negeri, namun tetap karti tersebut tidak digunakan sebagai cadangan. Kalian akan menghemat uang dan akan lebih mudah mengatur pengeluaran kalian jika hanya menggunakan kartu kredit daripada menggunakan uang tunai atau menggunakan cek perjalanan. Hal paling penting adalah memikirkan secara bijak apa saja kebutuhan perjalanan kalian apalagi saat berbelanja dengan kartu kredit.

Hindarilah masalah jika ada pembayaran tunai. Tidak semua jasa pelayanan baik itu took souvenir, parkir ataupun transportasi umum dapat menggunakan kartu kredit untuk pembayaran tagihannya atau bahkan ada hal lain yang harus dibayarkan hanya dengan memakai uang tunai. Karena itulah, usahalah tetap menyimpan uang tunai untuk berjaga-jaga.

3. SETELAH PERJALANAN

Tips Menggunakan Kartu Kredit
(Sumber foto: www[dot]cermati[dot]com)

Periksalah rekening. Masih ingat kan kalian dengan tanda terima dari semua transaksi yang dilakukan saat kalian berpergian? Nah, setelah kalian melakukan perjalanan, sudah saatnya untuk memeriksa dan mengecek tanda terima bersamaan dengan laporan kartu kredit kalian. Hal ini sangat berguna untuk memastikan kalau kalian tidak dibebani tagihan yang lebih pada kartu kredit.

Buatlah catatan biaya. Catatan biaya ini dapat membantu kalian dalam membuat anggaran biaya untuk perjalanan berikutnya. Contohnya, pembayaran apa saja yang memerlukan kartu kredit dan uang tunai dipergunakan untuk keperluan apa saja. Hal ini dapat dilakukan dengan bekal pengalaman ketika liburan kalian sebelumnya.

Nah, itulah beberapa panduan aman menggunakan kartu kredit untuk kalian yang ingin traveling ke luar negeri. Apalagi, saat ini kartu kredit memiliki banyak keuntungannya. Seperti halnya saat kalian mempercayakan kami untuk memberikan liburan mudah, menyenangkan, murah, dan akan banyak keuntungan yang akan kalian dapatkan jika menggunakan kartu kredit. Untuk informasi pemesanan tiket pesawat, hotel, paket wisata, tour, maupun pengurusan dokumen paspor dan visa dapat lihat di www.ezytravel.co.id.

Sumber: jalansanasini.com

2 thoughts on “Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit Saat Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *