Gak Bisa Liburan Saat Hari Raya Nyepi di Bali? Ini Tipsnya!

Bali yang dikenal identik dengan keindahan alam eksotis, tradisi budayanya yang memukau dan  gemerlap kehidupan malam yang tak henti-henti, ternyata semua itu bisa seketika hening pada saat Hari Raya Nyepi di Bali yang dikenal juga sebagai tahun baru Saka.

Momen Hari Raya Nyepi mengajak manusia dan alam untuk kembali ke kondisi bersih dan suci. Pada saat itulah umat Hindu yang ada di Bali melakukan yang namanya Catur Brata Penyepian (Empat Pantangan Nyepi) yang terdiri dari Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak menikmati hiburan).

 

Tradisi ini bukan hanya diperingati oleh umat Hindu di Bali saja, tetapi seluruh lapisan masyrakat yang bukan beragama Hindu, maupun turis-turis asing yang sedang berlibur diminta untuk menghormati tradisi Nyepi ini yang hanaya dilaksanakan sehari dalam setahun.

Otomatis pada saat Hari Raya Nyepi di Bali suasananya sangat lengang dari hari-hari biasanya, karena terdapat empat pantangan tadi.

 

 

Tahun ini, Hari Raya Nyepi di Bali jatuh pada tanggal 28 Maret 2017 dimana hari itu jatuh pada hari Selasa. Hal ini bisa dimanfaatkan Ezytravelers untuk mengambil cuti pada hari senin. Yang pasti bakalan seru long weekendnya nih.

 

hari raya nyepi di bali

Photo Credit : instagram.com/windhu_ardika

 

Nah, kalo kalian udah terlanjur beli tiket pesawat ke Bali, kalian tidak usah khawatir tidak bisa menikmati liburan pada saat di Bali. Kami bakal berikan tips liburan saat Nyepi buat kalian, silahkan disimak para Ezytravelers.

 

Info!

Bandara internasional Ngurah Rai biasanya akan ditutup pukul 06.00 Wita pada hari H dan dibuka kembali pada pukul 06.00 Wita H+1 perayaan Nyepi

Click to Tweet

 

Jangan pilih penerbangan H-1 Nyepi

Kalo kalian mau pergi ke Bali, disarankan untuk tidak memilih penerbangan H-1 Nyepi apalagi jika kedatangan di Bandara Ngurah Rai di atas pukul 19.00 Wita. Karena dipastikan setiap jalan akan ditutup untuk pawai ogoh-ogoh.

Datanglah ke Bali H-2 Nyepi, kalian bisa menyaksikan pawai ogoh-ogoh yang bakal diselenggarakan setiap malam H-1 Nyepi.

 

hari raya nyepi di bali

Photo Credit : republika.co.id

 

Bawa Senter Elektronik

Pasti agak bingung ya jika disuruh bawa peralatan ini? Eitss jangan disepelekan, senter elektronik cukup penting untuk kalian bawa karena pada saat Hari Raya Nyepi di Bali semua lampu harus dimatikan termasuk lampu hotel. Hanya diperbolehkan lampu meja saja yang dinyalakan.

Nah senter ini cukup membantu kalian untuk menerangi kamar hotel.

 

Bawa obat

Bawalah obat-obatan yang diperlukan, karena semua apotek dipastikan tutup. Walaupun rumah sakit 24 jam di Bali tetap di buka, tetapi akses menuju rumah sakit juga ditutup. Jadi kalian harus tetap menjaga kesehatan atau setidaknya membawa obat-obatan yang diperlukan.

 

Membawa Gadget Untuk Hiburan

Jangan lupa membawa Tablet, Laptop dan Hp untuk kalian gunakan untuk menghilangkan rasa jenuh ketika berada di dalam hotel. Hal ini masih diperbolehkan asal kalian tidak memainkan gadget yang bisa mengganggu ketenangan sekitar.

 

Sediakan Makanan dan Minuman Ringan

Belilah persediaan makanan dan minuman ringan H-1 Nyepi. Semua minimarket di Bali buka hingga pukul 22.00 Wita. Hal ini untuk mengantisipasi ketika kelaparan menyerang kalian di pada saat Hari Raya Nyepi di Bali karena tidak ada satupun restaurant atau tempat makan yang buka.

 

Sediakan Uang Tunai

Sebelum Hari Raya Nyepi di Bali, mesin ATM akan dimatikan mulai pukul 18.00 Wita. Tentunya, uang tunai harus dipersiapkan dengan baik untuk sekedar membeli makanan dan minuman sebelum Hari Raya Nyepi tiba.

 

Jangan Membuat Kegaduhan di Hotel

Selama berada di dalam hotel, kalian tidak diperkenankan untuk membuat kegaduhan selama perayaan Hari Raya Nyepi di Bali dilaksanakan. Biasanya jika kalian sedikit membuat rebut, kalian akan langsung ditegur oleh petugas hotel atau pecalang.

 

Coba Keluar Kamar

Cobalah keluar kamar untuk menikmati Bali yang gelap gulita dan sangat sunyi. Bali yang dikenal dengan gemerlap malamnya, akan menjadi sunyi seketika perayaan Hari raya Nyepi. Indah bukan menikmati Bali yang sunyi sambil ditemani bintang dan bulan yang bersinar begitu cerah.

 

hari raya nyepi di bali

Photo Credit : instagram.com/rezadana

 

 

Perayaan Nyepi adalah saat perenungan bagi warga Bali. Seandainya itu bisa dilakukan di seluruh Indonesia, bisa dibayangkan penghematan energy yang begitu besar. Setelah Nyepi berakhir, masyarakat Bali akan saling bersilaturahmi dan sembahyang di pura keluarga untuk merayakan tahun baru Saka.

 

Nah kalian udah simak kan tips liburan saat Nyepi di Bali? Ga ada alasan lagi buat kalian berkunjung ke Bali pada saat perayaan Nyepi karna kalian bisa nikmatin pulau Bali yang sunyi dan jauh dari kebisingan gemerlap malam.

Ada rekomendasi beberapa tempat yang kalian bisa kunjungi pada saat sebelum dan sesudah perayaan Hari Raya Nyepi di Bali. Kalo kalian cinta budaya Indonesia, kalian harus datang ke tempat-tempat ini Ezytravelers.

 

hari raya nyepi di bali

Photo Credit : instagram.com/ivmonforte

 

Tempat-tempat yang menarik dikunjungi saat menyambut perayaan Nyepi!

– Pantai Sanur : H-2 Nyepi biasanya akan ada upacara Melasti

Kuta : H-1 Nyepi akan ada pawai ogoh-ogoh sepanjang jalanan menuju Kuta

– Desa Sesetan : H+1 Nyepi akan ada ritual Omed-omedan

 

Kalo kalian mengunjungi  tempat-tempat di atas rasanya kurang pas kalo kalian tidak mengabadikan betapa meriahnya perayaan menyambut Hari Raya Nyepi di Bali. Setelah mengambil foto lalu upload langsung di social media kalian masing-masing. Share dan ceritakan kepada teman-teman kalian bahwa Indonesia, khususnya Bali sangat kental dengan Budayanya.

 

Liburan itu gak mahal ko, buka aja langsung disini : tiket murah ke bali, hotel murah di bali , dan paket wisata murah bali 

 

Selain menshare hasil foto-fotonya, kalian juga berkesempatan untuk jalan-jalan lagi ke Labuan Bajo! Caranya gampang, tinggal ikut ke dalam Photo Competition #MUSTGOINDONESIA yang diadakan oleh Ezytravel.co.id. Kapan lagi Cuma upload foto hadiahnya bisa jalan-jalan lagi ke Labuan Bajo. Klik gambarnya untuk info lebih lengkapnya.

 

hari raya nyepi di bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *