Tips Memilih Koper yang Benar dan Tepat, Sebagai Teman Perjalanan

Packing bukanlah proses paling menyusahkan sebelum berangkat traveling. Sebenarnya, kesusahan tersebut justru telah berjalan sejak kalian harus menentukan koper yang sesuai untuk dibawa. Tidak semua koper sesuai digunakan selama berwisata. Jangan sampai koper yang kalian pilih akan merepotkan kunjungan perjalanan kelak, sesuaikan juga besar koper kalian dengan banyaknya barang yang kalian bawa. Nah, agar tidak mengalami hal tersebut, kalian bisa menyimak tips memilih koper yang benar dan cocok di bawah ini :

1. Sesuaikan Kapasitas dengan Kebutuhan

salah satu cara memilih koper pertama
(Photo Credit: mediad[dot]publicbroadcasting[dot]net)

Berapa lama kalian akan melakukan perjalanan?
Jawaban dari pertanyaan tersebut akan membantu kalian untuk menentukan keperluan yang hendak dimasukkan pada koper. Bila berwisata sepanjang 2-3 hari, kalian bisa menggunakan koper standar kabin agar tidak perlu meletakkannya di bagasi pesawat. Tapi, jika kalian berlibur selama 3-4 hari, koper berukuran 55-66 cm adalah pilihan yang pantas untuk menampung barang bawaan. Sedangkan, keperluan untuk berwisata selama tujuh hari dapat kalian tempatkan pada koper berkapasitas 70-92 cm.
Selain itu, kalian juga harus mempertimbangkan aktivitas selama berwisata nanti. Apakah kalian berniat untuk berbelanja cenderamata di tempat tujuan? Jika iya, siapkan ruang lebih pada koper untuk menampung hasil belanjaan kalian. Membawa koper dengan kapasitas agak lebih besar dari jumlah barang bawaan pun sah-sah saja. Kini juga sudah banyak merek yang menawarkan koper dengan ruang tambahan hingga 30%.

2. Bahan yang Tidak Mudah Rusak

tips memilih koper agar tak tertukar
(Photo Credit: thedailychronic[dot]net)

Pada dasarnya, koper bisa dikategorikan ke dalam dua jenis kategori, yaitu hardcase dan softcase.. Apapun jenis yang kalian pilih, pastikan bahwa koper tersebut terbuat dari bahan bertingkat tinggi yang awet dan tidak mudah rusak. Umumnya, koper hardcase memang dapat menghasilkan perlindungan maksimal terhadap barang bawaan kalian, tetapi ada beberapa bahan hardcase yang rentan retak saat melalui proses pengangkutan di bandara. Agar dapat menghindari dan meminimalisir hal tersebut, kalian dapat menjatuhkan pilihan pada koper hardcase berbahan dasar polycarbonate yang relatif ringan dan tidak mudah pecah.
Sedangkan, bagi penggemar koper softcase, pilihan produk berbahan nilon atau polyester dapat menjadi pilihan yang tepat. Kedua bahan tersebut dapat memudahkan koper kalian dalam menyesuaikan daya tampung. Selain itu, koper berbahan nilon dan polyester juga sangat ringan,sehingga kalian tidak akan merasa keberatan ketika mengangkutnya. Keduanya pun cukup awet dan tidak mudah rusak.

3. Perhatikan Bagian-Bagiannya

banyak pilihan warna dan jenis, jangan sampai tertukar
(Photo Credit: pixabay[dot]com)

Koper mempunyai beberapa bagian penting untuk menunjang fungsinya, seperti gagang (handle), resleting, dan roda koper. Komponen-komponen tersebut tidak kalah penting dari bagian utama koper. Pada dasarnya, ada dua jenis gagang koper yang dapat menjadi pilihan kalian, yaitu terdiri dari dua bar atau satu bar. Pilih pula resleting yang terbuat dari bahan logam agar tidak mudah rusak saat koper diseret atau terbanting pada proses pengangkutan di bandara.
Nah, untuk roda koper, ada dua kategori yang umumnya tersedia di pasaran, yaitu upright (beroda dua) dan spinner (beroda empat). Gunakan koper upright ketika barang bawaan yang kalian bawa tidak begitu berat. Meski kemampuannya terbatas, koper upright justru lebih mudah ditarik di atas permukaan jalan yang tidak rata. Di sisi lain, koper spinner memang lebih cocok digunakan di atas permukaan yang halus.Akan tetapi, koper spinner dapat mempermudah kalian untuk bergerak tanpa terpengaruh pada beban yang ada di dalam koper. Selain itu, koper spinner juga memungkinkan kalian untuk meletakkan tas tangan atau tas laptop tambahan di atasnya.

4. Fitur Keamanan Terjamin

tips memilih koper yang aman
(Photo Credit: o[dot]aolcdn[dot]com)

Salah satu tips memilih koper selain alasan awet, pemilihan bahan koper berkualitas juga mempengaruhi keamanan agar tidak mudah sobek atau dirusak. Agar keamanan barang bawaan traveling lebih terjamin, pilihlah koper yang telah dilengkapi dengan kunci standar Travel Sentry Approved (TSA). Kalian pasti mengetahui bahwa setiap barang bawaan selalu diperiksa oleh petugas bandara sebelum masuk pesawat, kan? Jika kalian membawa benda-benda yang dianggap mencurigakan oleh petugas bandara, kunci TSA yang berada pada koper kalian dapat dibuka oleh bagian bea cukai yang memang bertugas untuk membuka koper kalian dengan menggunakan kunci universal tanpa harus merusak kunci TSA maupun koper kalian.

Jangan Lewatkan Penawaran Paket Wisata dan Paket Tour Menarik ! By: Ezytravel.co.id

Selain keempat tips memilih koper di atas, pastikan kalian mengenali bentuk dan warna koper kalian dengan baik, ya. Hal ini dikarenakan banyaknya produk koper dengan bentuk dan warna sama ataupun serupa dapat menyebabkan kasus koper tertukar di bandara. Untuk mencegahnya, kalian bisa memasang pita atau luggage tag sebagai identitas koper kalian. Selamat berlibur, berikut tips memilih koper dari kami dan tetap menjaga kebersihan tempat kamu berkunjung !

By : Ezytravel.co.id/blog

2 thoughts on “Tips Memilih Koper yang Benar dan Tepat, Sebagai Teman Perjalanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *