Tips Penting Travelling ke Luar Negeri

Dengan adanya tiket pesawat murah dan kemudahan akses internet, jalan-jalan ke luar negeri menjadi semakin mudah. Berada di tanah yang asing tentu akan membawa kecemasan tersendiri. Mulai dari isu keamanan, bahasa, makanan, hingga alat pembayaran. Kecemasan ini tak hanya dirasakan oleh orang yang baru pertama kali bepergian ke luar negeri namun juga bagi beberapa orang yang sering pergi ke luar negeri. Untuk mengatasi kecemasan tersebut, Kami punya tips penting travelling ke luar negeri.

Baca juga artikel lain mengenai destinasi wisata : 5 Gunung di Jepang yang paling terkenal

 

  • Simpan Kartu nama Tempat Menginap anda

Benda ini sering lupa dan jarang terpikirkan namun benda kecil ini memiliki arti yang sangat penting. Di manapun traveler menginap, jangan pernah lupa untuk meminta kartu nama atau mencatat nama, alamat, dan nomor telepon dari tempat traveler menginap. Kalau memang berada di negara dengan aksara tersendiri maka mintalah juga kartu nama dengan tulisan dengan bahasa setempat. Tentu hal ini akan membantu traveler jika tersesat atau mengalami kesulitan. Tak ada yang tahu kan, kejadian apa saja yang akan terjadi?

  • Waktu Berlaku Paspor
Tips penting travelling
Credit photo : Wartasolodotcom

Selain wajib ingat nomor paspor, traveler juga wajib mengingat masa berlaku paspor. Kebanyakan negara di dunia mewajibkan pengunjung untuk mempunyai paspor yang berlaku 6 bulan sebelum kadaluarsa. Nah, serem juga kan kalau sudah tiba di bagian imigrasi namun ternyata tidak diperbolehkan masuk negara tersebut karena masa berlaku paspor akan habis dalam waktu 5 bulan ke depan.

  • Membawa Uang Cash Secukupnya

Memang sekarang segala kemudahan dapat diraih dengan kemajuan teknologi. Fasilitas pembayaran seperti kredit/debit card dan tersebarnya banyak ATM kadang membuat lupa untuk membawa uang kas. Ketika bepergian ke luar negeri, jangan sampai lupa untuk menyiapkan uang kas dengan mata uang negara yang dituju. Memang tak boleh banyak-banyak karena cukup riskan, namun setidaknya traveler harus bisa menghitung sendiri jumlah yang sesuai. Uang kas membantu traveler jika ada hal yang diinginkan seperti kartu ATM ‘ketelen’ di mesin, kartu kredit terblokir, dan masalah lainnya. Selain itu, untuk mengurangi jumlah pengeluaran karena biasanya terdapat potongan atau biaya tambahan yang besar ketika menarik uang di ATM atau menggunakan kartu kredit di luar negeri.

  • Bawalah Obat-Obatan untuk Diri Sendiri
Tips penting travelling
Credit Photo : Omigydotcom

Yang ini sih memang wajib di setiap saat jalan-jalan. Kenapa menjadi barang yang wajib dibawa ketika jalan-jalan ke luar negeri? Coba deh traveler bayangkan jika lagi sakit kemudian mau ke apotek tapi gak ngerti nanya obatnya. Berhubung bahasa di tiap negara berbeda dan kerap kali kita tidak mengingat nama ilmiah obat tersebut maka sebaiknya memang sudah mempersiapkan obat-obatan dari rumah. Kalau sampai salah beli obat kan bisa repot.

  • Data Roaming

Jika traveler tipe orang yang tidak bisa terlepas dari sambungan internet. Cobalah cek terlebih dahulu paket data roaming yang disiapkan oleh provider telekomunikasi yang dipakai. Tentunya paket yang disediakan akan lebih murah ketimbang langsung menghubungkan internet dengan tarif yang biasa. Selain itu, tentunya traveler dapat lebih berhemat dengan menggunakan WiFi gratis yang mungkin tersedia di hotel atau fasilitas umum di negara yang akan dikunjungi.

Mau liburan bersama keluarga?? Temukan berbagai pilihannya di sini: tiket pesawat murah, tiket murah ke jepang , dan pesawat Pesawat Garuda indonesia

 

  • Google Maps

Tips penting travelling

Sekarang memang semuanya serba digital, namun kendala di kala bepergian ke luar negeri adalah susahnya sambungan internet ke handphone atau gadget lainnya. Oleh karena itu ada cara cerdik yang bisa digunakan, yaitu rencanakan dahulu ke mana traveler akan pergi, coba lah cari direksi atau arah jalan di Google Maps. Setelah itu tinggal lakukan screenshot pada peta tersebut. Cara ini cukup membantu menghindari traveler dari tersesat di daerah asing.

Kurang lebih seperti inilah tips penting travelling ke luar negeri ala Ezytravel. Sebaiknya dipahami terlebih dahulu ya tips penting travelling ke luar negeri ini untuk mengatasi solusi kecemasan kalian apabila kalian ingin travelling sendirian. Happy Holiday guysss!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *