Pilihan Transportasi Untuk ke Gunung Gede Pangrango (TIPS)

Tips Traveling – Ketika kita bicara tentang wisata, banyak banget tempat menarik yang bisa kita datangi di Indonesia. Ezytravelers tidak perlu takut kehabisan tempat wisata indah di Indonesia (selama kita menjaganya dengan baik). Indonesia memang terkenal dengan gugusan pulau-pulaunya, bentangan samudra dan lautan luas mengitari Indonesia.

Bagi pecinta kedalaman laut, Indonesia adalah surga dunia bagi mereka. Tetapi jangan salah bukan hanya kekayaan dalam laut saja yang ada di Bumi Pertiwi ini. Ratusan bahkan ribuan pendaki banyak datang ke Indonesia untuk menaklukan sang Puncak Jaya di Papua, Puncak Jaya atau orang luar negeri banyak mengenalnya dengan nama Carstensz Pyramid masuk dalam daftar Seven Summits dunia.

Itu membuktikan bahwa, keindahan alam Indonesia bukan hanya di lautan saja, bahkan di darat dan pegunungannya memiliki pesona yang luar biasa.

Mau tau keindahan saat pendakian Gunung Gede Pangrango ? Cek Link nya di bawah

Kali ini kita akan membahas salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali di umumkan di Indonesia pada tahun 1980, yaitu Taman Nasional Gede Pangrango. Karena taman nasional ini sangat luas, maka kita kerucutkan lagi objeknya, menjadi Gunung Gede.

Lokasi wisata Gunung Gede Pangrango ini berada di daerah tiga kabupaten yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi dan untuk pendakian Gunung gede Pangrango sendiri terdapat bebapa gerbang masuk utama yaitu Cibodas, Cipanas dan  Selabintana.

peta akses pendakian gunung gede
Peta Akses Gunung Gede Pangrango

Cara mencapai tiga gerbang utama Pendakian Gunung Gede Pangrango

Untuk sampai ke Pintu pendakian Gunung Gede Pangrango di Cibodas dan Cipanas ezytravelers tidak dapat naik bus sekali jalan, harus transit. Inilah beberapa alternatif yang bisa kalian gunakan untuk sampai ke daerah puncak, :

Transportasi Menuju Puncak Bogor, Jawa Barat

Alternatif 1 : Jakarta Kampung Rambutan, naik bus Limas (Bogor – Jakarta Kampung Rambutan) Turun di Bogor Rp12.000. Dari Bogor, naik bus Parung Indah (Bogor – Cianjur) Turun di Puncak Rp30.000

Alternatif 2 : Jakarta Kampung Rambutan, naik bus Limas (Bogor – Jakarta Kampung Rambutan) Turun di Bogor Rp12.000. Dari Bogor, naik bus MGI (Bogor – Garut) turun di Puncak Rp70.000

Alternatif 3 : Jakarta Lebak Bulus, naik bus Agra Mas (Jakarta – Bogor) turun di Bogor Rp16.000, dari Bogor naik bus Parung Indah (Bogor – Cianjur) turun di Puncak Rp30.000

Alternatif 4 : Jakarta Kampung Rambutan, naik bus Primajasa (Jakarta – Balaraja) turun di Balaraja Rp18.000, dari Balaraja naik bus Garuda Pribumi (Merak-Bandung Leuwi Panjang) turun di Puncak Rp65.000

Cibodas

Setelah kalian naik bus dan sampai kawasan puncak turun lah di pertigaan Cibodas, lalu naiklah mobil angkutan kecil ke arah Kebun Raya Cibodas. Di sekitar Kebun Raya Cibodas banyak terdapat tempat parkir dan pedagang makanan juga oleh-oleh, tidak jauh dari sana kalian sudah dapat menemukan pos pendaftaran untuk pendakian Gunung Gede Pangrango.

ini dia pertigaan cibodas
Pertigaan Cibodas

Cipanas

Turunlah di Pasar Cipanas, dari belakang pasar yang juga menjadi terminal ini kita bisa menaiki mobil angkot ke Gunung Putri.

ini dia pasar cipanas
Pasar Cipanas

Selabintana

Pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana ini sedikit berbeda, jika dua pintu pendakian sebelumnya berada di daerah puncak. Untuk Selabintana maka Ezytravelers harus menuju Sukabumi, berikut beberapa jadwal Bus dari Jakarta ke Sukabumi :

Transportasi Menuju Puncak Bogor, Jawa Barat

Bus Langgeng Jaya : Jakarta Kampung Rambutan – Sukabumi    Harga : Rp25.000

Bus Tunggal Daya : Jakarta Pulogadung – Sukabumi    Harga : Rp25.000

Bus Tunggal Daya : Jakarta Kali Deres – Sukabumi    Harga : Rp28.000

Bus Parung Indah : Jakarta Lebak Bulus – Sukabumi    Harga : Rp30.000

Setelah kalian sampai di terminal sukabumi, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Pondok Halimun menggunakan angkutan umum ataupun carter mobil.

Nah udah semua tiga jalur utama kita kasih tau tuh bagaimana caranya mencapai sana, tinggal sekarang Ezytravelers yang menentukan mau mendaki Gunung Gede Pangrango melalui jalur yang mana.

Untuk yang belum pernah mendaki sebelumnya, atau yang ingin melihat banyak keindahan alam selama pendakian sebaiknya kalian menggunakan jalur Cibodas. Jalur Cibodas ini memang sangat popular dikalangan pendaki karena memang jalurnya yang termasuk mudah, dan pemandangannya yang indah.

Gimana ezytravelers? mau sekali-sekali coba untuk mendaki Gunung Gede? perjalanan ini bisa kalian tempuh mulai dari hari Jumat malam setelah pulang kerja, jadi kalian sesampainya di Puncak atau Sukabumi itu pagi. Kita juga akan membahas lebih mendalam mengenai jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas beserta dengan keindahan yang bisa ezytravelers nikmati selama perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *