8 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Denpasar, Bali

DENPASAR – BALI

Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Titik tertinggi di Bali adalah Gunung Agung yang mencapai 3.148 m. Gunung berapi ini terakhir meletus pada Maret 1963. Berbeda dengan di bagian utara, bagian selatan Bali adalah dataran rendah yang dialiri sungai-sungai.

Denpasar Bali

Pura Besakih Gunung Agung. Sumber : id-blog(dot)zenrooms(dot)com

Adanya pegunungan di Bali tersebut menyebabkan Daerah Bali secara Geografis terbagi menjadi 2 (dua) bagian yang tidak sama yaitu Bali Utara dengan dataran rendah yang sempit dan kurang landai dan Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas dan landai. Ibu kota Bali adalah Denpasar, Pertumbuhan industri pariwisata di Pulau Bali mendorong Kota Denpasar Bali menjadi pusat kegiatan bisnis, dan menempatkan kota ini sebagai daerah yang memiliki pendapatan per kapita dan pertumbuhan tinggi di Provinsi Bali.

SEJARAH

Penghuni pertama pulau Bali diperkirakan datang pada 3000-2500 SM yang bermigrasi dari Asia. Peninggalan peralatan batu dari masa tersebut ditemukan di desa Cekik yang terletak di bagian barat pulau. Zaman prasejarah kemudian berakhir dengan datangnya ajaran Hindu dan tulisan Bahasa Sanskerta dari India pada 100 SM. Kebudayaan Bali kemudian mendapat pengaruh kuat kebudayaan India yang prosesnya semakin cepat setelah abad ke-1 Masehi.

tempat wisata di Bali

Prasasti yang menemukan nama Bali. Sumber : dwimistyriver(dot)wordpress(dot)com

Nama Balidwipa (pulau Bali) mulai ditemukan di berbagai prasasti, di antaranya Prasasti Blanjong yang dikeluarkan oleh Sri Kesari Warmadewa pada 913 M dan menyebutkan kata Walidwipa. Setelah kemerdekaan Indonesia, berdasarkan Undang-undang Nomor 69 Tahun 1958, Denpasar menjadi ibu kota dari pemerintah daerah Kabupaten Badung, selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor Des.52/2/36-136 tanggal 23 Juni 1960, Denpasar juga ditetapkan sebagai ibu kota bagi Provinsi Bali yang semula berkedudukan di Singaraja. Begitulah sejarah Bali.

 

BAHASA

tentang Bali

Sumber : truly-holiday(dot)blogspot(dot)com

Bahasa Bali adalah sebuah bahasa Austronesia dari cabang Sundik dan lebih spesifik dari anak cabang Bali-Sasak. Bahasa ini terutama dipertuturkan di pulau Bali, pulau Lombok bagian barat, dan sedikit di ujung timur pulau Jawa. Di Denpasar Bali sendiri Bahasa Bali memiliki tingkatan penggunaannya, misalnya ada yang disebut Bali Alus, Bali Madya dan Bali Kasar. Yang halus dipergunakan untuk bertutur formal misalnya dalam pertemuan di tingkat desa adat atau antara orang berkasta rendah dengan yang lebih tinggi.

Yang madya dipergunakan di tingkat masyarakat menengah misalnya pejabat dengan bawahannya, sedangkan yang kasar dipergunakan bertutur oleh orang kelas rendah misalnya kaum sudra atau antara bangsawan dengan abdi dalemnya, Di Lombok bahasa Bali terutama dipertuturkan di sekitar kota Mataram, sedangkan di pulau Jawa bahasa Bali terutama dipertuturkan di beberapa desa di kabupaten Banyuwangi. Bahasa Bali dipertuturkan oleh kurang lebih 4 juta jiwa.

Contoh dialog:

A: Permisi…saya mau bertanya, di mana tempatnya Tanah Lot? ( Nunas lugra…tyang jagi metaken, ring dija genah Tanah Lot? )

B: Berapa harganya ini? (Aji kuda niki?)

5 Destinasi Wisata Jember yang Wajib Dikunjungi
Read Artikel

WAKTU TERBAIK KE DENPASAR – BALI

Denpasar Bali merupakan pulau atau tempat yang memiliki keindahan alam lengkap gunung serta laut, maka di sini kami akan membagi beberapa kategori waktu sesuai dengan jenis travel yang akan kalian lakukan di Bali nantinya.

1. Waktu yang tepat untuk berkegiatan

Sejarah Bali

Batur Sunrise Trekking. Sumber : www(dot)batursunrisetrekking(dot)com

Jika jalan-jalan, trekking, snorkeling, atau kegiatan outdoor lainnya adalah hal yang Anda sukai, mungkin lebih baik untuk melakukan perjalanan ke Denpasar Bali di musim kemarau. Seperti kebanyakan pulau tropis lainnya, Bali memiliki dua musim yang berbeda, musim hujan dan musim kemarau. Musim kemarau biasanya berlangsung mulai dari Mei hingga Oktober ketika hari-hari biasanya cerah dan suhu berkisar antara 23 dan 31 derajat Celcius. Inilah waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana dan melakukan segala aktivitas di luar ruangan.

2. Ingin Liburan Santai? Hindari Bulan-bulan Sibuk di Bali

Selain sadar dengan pola cuaca di Bali juga penting buat traveler untuk menyadari musim-musim padat di sana. Karena popularitasnya sebagai tujuan wisata sudah sangat tersohor, Bali memiliki musim liburan yang tinggi dan musim liburan yang rendah.

Makanan khas Bali

Sumber : www(dot)sewavilladibali(dot)com

Jika kalian ingin liburan yang santai di sana maka hindari berkunjung ke Denpasar Bali pada bulan-bulan Juli, Agustus dan September. Ini adalah bulan-bulan tersibuk di sana karena wisatawan banyak yang berlibur pada bulan itu. Ditambah liburan Natal dan tahun baru, Bali akan sesak dengan lautan manusia.

Untuk mendapatkan kedamaian dan ketenangan Anda bisa datang diluar musim liburan yang tinggi. Saat-saat itu pula ada kemungkinan Anda mendapatkan harga diskon saat berkunjung di sana.

3. Waktu terbaik bagi peselancar untuk ke Bali

Denpasar, Bali menjadi tujuan berselancar yang kece di kawasan Asia Tenggara maka tak heran jika banyak peselancar merencanakan perjalanan mereka ke Bali hanya untuk berburu ombak. Nah jika Anda salah satu pecinta surfing ada baiknya mengetahui pola gelombang di sana.

Selama November hingga April pantai timur Denpasar Bali akan ditempa dengan gelombang besar, jadi ini adalah saat yang tepat bagi peselancar yang berpengalaman untuk menaklukan ganasnya ombak Bali.

Denpasar Bali

Sumber : gilitransfer(dot)blogspot(dot)com

Kemudian pada bulan April hingga Oktober, pantai barat Denpasar Bali mendapat angin berat dan besar untuk gelombang berukuran sedang, yang baik untuk peselancar menengah dan lanjutan. Untuk pemula, bulan antara Maret dan November adalah waktu yang baik untuk belajar bagaimana untuk berselancar di pantai sebelah selatan, seperti ombak yang cukup bersahabat dan cuaca yang menyenangkan.

Secara keseluruhan jika ingin liburan yang sempurna di Bali yang meliputi cuaca bagus, banyak kegiatan di luar ruangan, kebebasan dari kerumunan orang banyak dan harga murah, waktu terbaik adalah pada bulan Mei, Juni atau Oktober. Yuk segera rencanakan liburan ke sana.

TEMPAT WISATA DENPASAR – BALI

1. Museum Bali Denpasar

tempat wisata di Bali

Sumber : www(dot)wisatamurahbali(dot)info

Museum Bali di Denpasar awalnya hanya memiliki luas tanah 2.600 meter persegi dan terdapat tiga pembagian dari tiap-tiap halaman (halaman luar, halaman tengah dan halaman dalam). Tiap-tiap halaman dibatasi dengan tembok dan terdapat Gapura (pintu masuk). Di halaman dalam, terdapat tiga bangunan dan masing-masing bangunan dinamakan nama daerah sesuai dengan nama daerah dari raja yang membiayai pembangunan Museum. Tiga bangunan tersebut antara lain: Gedung Karangasem, Gedung Tabanan dan Gedung Buleleng

Koleksi Museum di Bali yang satu ini terdiri dari koleksi etnografika seperti peralatan yang digunakan saat zaman pra sejarah, peralatan upacara keagamaan dan adat, perkembangan seni dan budaya masyarakat Bali, dari jaman ke jaman. Tiket masuk ke Museum Bali Denpasar ini dikenakan biaya Rp 5000/orang. Lokasi Museum Bali terletak di pusat kota Denpasar, alamat tepatnya di jalan Mayor Wisnu Denpasar Bali 80232. Disebelah utara Museum Bali Denpasar terdapat sebuah pura besar yang juga salah satu tempat wisata di kota Denpasar, namanya adalah Pura Jagatnatha.

tentang Bali

Sumber : commons(dot)wikimedia(dot)org

2. Monumen Bajra Sandhi

Jika Jakarta memiliki Monas, pulau Bali memiliki Bajra Sandhi yang telah menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang tak boleh dilewatkan oleh kalian, para traveler. Sama-sama berfungsi sebagai monumen tugu peringatan. Rancangan arsitektur dari Monumen Bajra Sandhi sangat kental dengan arsitektur khas Bali, banyak ukiran dan pahatan yang sangat unik. Design arsitektur dari Ir. Ida Bagus Gede Yadnya memiliki arti hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, dengan design 17 gerbang pintu masuk, 8 pilar utama dan ketinggian monumen 45 meter.

Sejarah Bali

Bajra Sandhi Monument. Sumber : en(dot)wikipedia(dot)org

Bagi wisatawan Asia seperti Jepang, China dan Korea, keunikan monumen Bajra Sandhi terlihat seperti Pagoda. Oleh karena itu, banyak wisatawan Asia yang mengangap monumen ini adalah Pagoda, seperti di negara mereka. Untuk tiket masuk ke monumen Bajra Sandhi Rp 5.000/orang, parkir mobil Rp 5.000 / mobil dan Parkir sepeda motor Rp 2.000/sepeda motor.

4 Barang yang Wajib Dibawa Jika Berpergian Saat Hamil
Read Artikel

3. Museum Sidik Jari Denpasar

Selain wisata yang bersifat hiburan, pulau Bali juga memiliki tempat wisata yang bersifat menambah wawasan terutama di bidang seni rupa. Jenis wisata ini, saat ini lebih banyak dilakukan oleh para pelajar saat liburan sekolah di Denpasar Bali dan wisatawan Eropa. Museum ini dinamakan Museum Sidik Jari karena berkaitan dengan cara yang digunakan ketika melukis. Metodenya ujung jari pelukis diolesi oleh berbagai macam warna cat lukis sesuai dengan imajinasi dari pelukisnya.

makanan khas Bali

Sumber : www(dot)anythingbali(dot)com

Karena melukis menggunakan jari tanpa menggunakan kuas, tentunya terdapat bekas sidik jari dari tangan pelukis. Cara melukis ini yang dinamakan lukisan Sidik Jari. Museum Sidik Jari Denpasar dibangun pada tahun 1993. Peresmian dilakukan setelah 2 tahun, tepatnya pada bulan Juli 1995. Tokoh yang memiliki gagasan, sekaligus pemilik dari museum Sidik Jari Denpasar adalah Bapak Gede Ngurah Rai Pemecutan. Berapa biaya tiket masuk ke Museum Sidik Jari Denpasar? Biasanya kalau masuk museum pasti akan dikenakan biaya tiket masuk. Untuk Museum Sidik Jari di kota Denpasar Bali saat kami menulis sama sekali tidak ada biaya tiket masuk alias gratis.

KESENIAN BALI

1. Tari Kecak

Denpasar Bali

Sumber : myhotelmyresort(dot)com

Adalah pertunjukan tarian seni khas Denpasar Bali yang lebih utama menceritakan mengenai Ramayana dan dimainkan terutama oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dengan irama tertentu menyerukan “cak” dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Namun, Kecak berasal dari ritual sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat.

tempat wisata di Bali

Sumber : www(dot)linkedin(dot)com

Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka. Selain para penari itu, ada pula para penari lain yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman dan Sugriwa. Lagu tari Kecak diambil dari ritual tarian sanghyang. Selain itu, tidak digunakan alat musik. Hanya digunakan kincringan yang dikenakan pada kaki penari yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana.

2. Tari Pendet

tentang Bali

Sumber : zainbie(dot)com

Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”. Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang. Para gadis muda mengikuti gerakan dari para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik.

Tari Putri ini memiliki pola gerak yang lebih dinamis daripada Tari Rejang yang dibawakan secara berkelompok atau berpasangan. Biasanya ditampilkan setelah Tari Rejang di halaman pura dan biasanya menghadap ke arah suci (pelinggih) dengan mengenakan pakaian upacara dan masing-masing penari membawa sangku, kendi, cawan dan perlengkapan sesajen lainnya.

3. Barong Bali

sejarah Bali

Sumber : barongmasks(dot)tumblr(dot)com

Barong Bali adalah satu di antara begitu banyak ragam seni pertunjukan Bali. Barong merupakan sebuah tarian tradisional Bali yang ditandai dengan “topeng” dan kostum badan yang dapat dikenakan oleh satu atau dua orang untuk menarikannya. Di Bali ada beberapa jenis barong yakni Barong Ket, Barong Bangkal, Barong Landung, Barong Macan, Barong Gajah, Barong Asu, Barong Brutuk, Barong Lembu, Barong Kedingkling, Barong Kambing dan Barong Gagombrangan.

Masyarakat Bali percaya bahwa makhluk-makhluk halus tersebut adalah kaki tangan Ratu Gede Mecaling, penguasa alam gaib di Lautan Selatan Bali yang beristana di Pura Dalem Ped, Nusa Penida. Saat itu, seorang pendeta sakti menyarankan masyarakat untuk membuat patung yang mirip Ratu Gede Mecaling, yang sosoknya tinggi besar, hitam dan bertaring, lalu mengaraknya keliling desa.

MAKANAN KHAS BALI

1. Ayam dan Bebek Betutu

makanan khas Bali

Sumber : www(dot)sbs(dot)com(dot)au

Bebek Betutu adalah masakan kebanggaan masyarakat Bali. Bebek Betutu Biasanya dibuat dari bebek yang dibungkus daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan pelepah pinang sehingga rapat. Bebek ditanam dalam lubang di tanah dan ditutup dengan bara api selama 6-7 jam sampai matang.

Betutu adalah cara masak untuk ayam dan bebek yang sangat khas Denpasar Bali. Dari penampakannya, ayam betutu sangat mirip dengan ingkung ayam yang dipakai dalam upacara tradisi Jawa. Sama-sama utuh dan tersalut bumbunya yang tebal. Bedanya, ingkung ayam memakai santan yang membuatnya terasa gurih, sedangkan ayam betutu tanpa santan dan mencuatkan rasa pedas. Ayam betutu juga dipakai dalam upacara-upacara adat Bali. Kalo kalian datang ke Bali, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Bali yang satu ini.

2. Sate Lilit

Denpasar Bali

Sumber : tigerair(dot)vn

Jika kita sekilas melihat tampilan luar sate ini, jelas sekali perbedaan antara sate lilit dengan sate-sate di Indonesia pada umumnya. Sate lilit terlihat lebih unik. Jika sate biasa berupa daging yang dipotong kecil-kecil lalu ditusuk pada sebuah tusuk sate yang kecil. Sementara sate lilit berupa gumpalan adonan daging yang disematkan pada sebatang tusuk sate yang terlihat lebih besar dari tusuk sate biasa. Sate lilit sendiri merupakan makanan berbahan dasar daging yang diolah dengan cara dilumatkan, dicampur bumbu-bumbu dan dikepalkan pada sebatang tusuk sate besar, tidak diperlukan bumbu pelengkap lainnya seperti kacang maupun kecap untuk menikmati sate lilit ini.

3. Lawar

tempat wisata di Bali

Sumber : www(dot)balifoods(dot)com

Lawar merupakan salah satu masakan khas Bali yang berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata yang berasal dari Bali. Makanan ini lazim disajikan dalam rumah tangga di Denpasar Bali atau dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan sebutan lawar Bali. Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu dan kelapa. Kadang-kadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar itu yaitu darah dari daging itu sendiri. Darah tersebut dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar tersebut. Lawar sendiri tidak dapat bertahan lama makanan ini jika didiamkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari.

TIPS LIBURAN KE BALI

1. Pos Dana

Pisahkan anggaran akomodasi dan ticketing dari anggaran untuk keperluan makan, membayar tiket masuk ke tempat wisata atau untuk membeli oleh-oleh. Bawa uang seperlunya dalam dompet dan simpan sisanya di rekening bank dan dapat diambil sewaktu-waktu menggunakan ATM.

2. Jangan bepergian di musim liburan atau akhir pekan

Kunjungi Bali di hari-hari kerja akan lebih hemat karena penginapan mematok harga yang lebih murah dibandingkan musim liburan. Jika kamu memilih naik pesawat ke Denpasar Bali usahakan untuk memesan tiket untuk penerbangan malam hari yang harganya jauh lebih murah dibandingkan penerbangan pagi dan siang hari.

3. Cari penginapan dengan harga murah

tentang Bali

Sumber : www(dot)telusurindonesia(dot)com

Kawasan sekitar Jalan Poppy Lane dan Jalan Legian terkenal dengan kumpulan penginapan yang menawarkan harga miring per malamnya. Harga sewa kamar berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 350 ribu per hari dan bisa menjadi lebih murah jika kamu menyewanya untuk tiga hari berturut-turut.

4. Sewalah sepeda motor

Sejarah Bali

Sumber : www(dot)pnsbackpacker(dot)com

Menyewa sepeda motor juga jauh lebih hemat daripada naik taksi atau kendaraan umum lainnya. Jangan lupa menawar harga karena Anda bisa saja mendapat harga lebih murah jika menyewa sepeda motor selama lebih dari satu hari.

5. Makan di kedai khusus backpacker

makanan khas Bali

Sumber : destinasian(dot)co(dot)id

Carilah warung-warung makan rumahan di sekitar pantai yang biasanya menjadi tempat mangkal para backpacker dan menjual makanan serta minuman dengan harga murah.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Bali, cukup menarik bukan membaca tentang keindahan Bali khususnya Denpasar? Sangat tidak diragukan lagi bali merupakan tujuan destinasi pilihan wisatawan, tunggu apa lagi segeralah pesan tiket pesawat ke Bali dengan harga murah hanya di Ezytravel.co.id

2 thoughts on “8 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Denpasar, Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *